Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Upaya Brand Lokal Tembus Ketatnya Persaingan Industri Elektronik di Indonesia

BACA JUGA

Selular.ID – Industri elektronik Indonesia  mencatatkan pertumbuhan fantastis selama 5 triwulan berturut-turut. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa industri ini mengalami lonjakan pertumbuhan sebesar 12,56% di triwulan ketiga 2022, diikuti 7,62%, 12,78%, 17,32%, dan 13,68% di triwulan berikutnya.

Pertumbuhan ini menandakan bahwa industri elektronik Indonesia memiliki prospek cerah dan siap untuk terus berkembang di masa depan.

Di Indonesia saat ini, memiliki perangkat elektronik rumah tangga yang fungsional, stylish dan canggih juga dapat menjadi simbol status sosial, hal ini mendorong masyarakat untuk terus membeli perangkat elektronik rumah tangga terbaru.

Pertumbuhan ini menandakan bahwa industri elektronik Indonesia memiliki prospek cerah dan siap untuk terus berkembang di masa depan.

Seiring dengan pertumbuhan pasar ini, banyak perusahaan lokal yang menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Salah satu perusahaan yang siap meramaikan pasar adalah Reiwa, yang membawa perangkat elektronik rumah tangga dengan desain stylish dan teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya.

Tidak tanggung-tanggung, untuk memastikan kualitas dan kepuasan konsumen, Reiwa menawarkan program garansi 180 hari ganti baru melalui program We Care.

Ini menunjukkan komitmen Reiwa dalam memberikan layanan purna jual yang unggul.
Abraham Wijanarko, COO REIWA, mengungkapkan dia melihat masyarakat semakin sadar akan pentingnya teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Reiwa hadir dengan produk-produk yang menjawab kebutuhan tersebut dengan harga yang kompetitif,” kata Abraham.

Menurutnya, sebagai pendatang baru di segmen perangkat elektronik rumah tangga, Reiwa memposisikan diri sebagai merek aspiratif yang didukung jaringan distribusi yang lengkap.

Reiwa menghadirkan produk yang berfokus pada fitur premium dan desain estetik dengan kisaran harga yang sangat kompetitif agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat kelas menengah untuk mendapatkan produk-produk perangkat elektronik rumah tangga kelas atas.

“Peluncuran Reiwa membantu memenuhi kebutuhan calon konsumen Indonesia yang ingin membeli produk premium dan memanfaatkan pengalaman pelanggan yang unggul. Kami sangat antusias memperkenalkan produk-produk Reiwake pasar Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutur Abraham Wijanarko.

Nadia Isnuari Harsya CFP Financial Content Creator, dan pegiat literasi keuangan mengatakan umumnya, saat memilih perangkat elektronik rumah tangga, masyarakat merasa penting mempertimbangkan fungsi dan estetika.

Perangkat elektronik rumah tangga yang stylish dan fungsional dipercaya dapat meningkatkan estetika ruangan dan membuatnya terlihat lebih menarik.

Tentu ini membuat penghuninya merasa lebih nyaman dan betah di rumah., Gaya hidup masyarakat modern di Indonesia saat ini menuntut semakin banyak masyarakat yang bekerja di luar rumah dan memiliki sedikit waktu untuk mengurus pekerjaan rumah tangga.

Di tengah situasi ini, perangkat elektronik rumah tangga memainkan peran penting, membantu menghemat waktu dan tenaga.

Masyarakat pun memanfaatkan perangkat elektronik rumah tangga untuk meningkatkan kualitas kehidupan, artinya lebih sehat, lebih hemat, lebih bersih dan lebih nyaman.

Pertumbuhan konsisten di pasar perangkat elektronik rumah tangga Indonesia selama dekade terakhir telah menjadi cerminan yang menggambarkan peningkatan lapisan kelas menengah di Indonesia.

Hal ini terjadi karena membaiknya pendapatan masyarakat yang berdampak pada meningkatnya taraf hidup. “Perbaikan taraf hidup mendorong masyarakat membeli perangkat elektronik rumah tangga untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Ketika kebutuhannya muncul, pas pula teknologi perangkat elektronik rumah tangga terus berkembang, makin banyak fitur dan fungsi tersedia, sehingga perangkat elektronik rumah tangga lebih menarik bagi konsumen dan mendorong mereka melakukan upgrade,” tutur Nadia Harsya.

Selain itu, perangkat elektronik rumah tangga semakin mudah diakses, semakin banyak toko elektronik yang buka di berbagai daerah.

Dikatakan Nadia Harsya, konsumen dapat membeli perangkat elektronik rumah tangga secara online, membandingkan desain, harga dan fitur lebih mudah, sehingga lebih mudah memilih produk yang paling tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan,”

Perangkat elektronik rumah tangga yang stylish mencerminkan kepribadian penghuni. Penghuni cenderung memilih perangkat elektronik rumah tangga dengan desain yang sesuai dengan selera dan gaya mereka.

Baca Juga:Di 2024, Aqua Elektronik Bakal Bawa 73 Produk Kelas High End

Apalagi, penelitian menunjukkan bahwa warna dan desain dapat memengaruhi mood dan produktivitas. Itulah sebabnya kedua hal ini menjadi fokus konsumen saat memilih perangkat elektronik rumah tangga yang diinginkan,” tutup Nadia Harsya.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU