Sabtu, 20 Juli 2024

Perbedaan Smartphone OPPO A3 Pro 5G di Indonesia dan Tiongkok

BACA JUGA

Selular.ID – Smartphone OPPO A3 Pro 5G hadir di pasar dengan fitur-fitur yang berbeda antara Indonesia dan Tiongkok, menyesuaikan kebutuhan dan preferensi pasar lokal masing-masing.

Artikel ini akan mengulas perbedaan utama dalam aspek layar, chipset, kamera, memori, kapasitas baterai, dan harga antara kedua versi ini.

Layar

Di Indonesia, OPPO A3 Pro 5G dilengkapi dengan layar berukuran 6,67 inci dengan resolusi HD+. Layar ini menggunakan teknologi LCD dan mendukung refresh rate 120Hz.

Hal ini memberikan pengalaman visual yang cukup baik meskipun tidak sebanding dengan teknologi layar terbaru.

Sebaliknya, di Tiongkok, OPPO A3 Pro 5G menawarkan layar yang sedikit lebih besar, yaitu 6,7 inci dengan resolusi FHD+.

Layar ini menggunakan teknologi AMOLED yang memberikan kontras warna yang lebih tajam dan akurat, serta juga mendukung refresh rate 120Hz.

Penggunaan teknologi AMOLED memungkinkan tampilan yang lebih jernih dan terang, membuat pengalaman visual menjadi lebih superior dibandingkan dengan versi di Indonesia.

Chipset

OPPO A3 Pro 5G di Indonesia ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 6300, yang dibangun dengan proses fabrikasi 6 nanometer.

Chipset ini mendukung jaringan 5G dan memberikan kinerja yang efisien serta daya tahan baterai yang baik.

Di Tiongkok, smartphone ini menggunakan chipset yang lebih unggul, yaitu MediaTek Dimensity 7050, yang juga dibangun dengan proses fabrikasi 6 nanometer.

Chipset ini menawarkan performa yang lebih tinggi dan kemampuan pemrosesan yang lebih cepat dibandingkan dengan versi di Indonesia, memastikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan responsif.

Kamera

Dari segi kamera, OPPO A3 Pro 5G di Indonesia memiliki kamera utama dengan resolusi 50 MP dan kamera depan 8 MP. Konfigurasi kamera ini cukup untuk kebutuhan fotografi sehari-hari dan selfie.

Di Tiongkok, A3 Pro 5G dilengkapi dengan kamera utama yang lebih canggih, yaitu 64 MP. Kamera depan tetap sama dengan resolusi 8 MP.

Kamera utama dengan resolusi lebih tinggi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan detail yang lebih baik dan kualitas gambar yang lebih tajam.

Memori

OPPO A3 Pro 5G di Indonesia hadir dengan RAM LPDDR4X berkapasitas 8 GB dan penyimpanan internal tipe UFS 2.2 dengan kapasitas 256 GB.

Kombinasi ini memberikan performa yang cukup baik untuk multitasking dan penyimpanan data yang cepat.

Di Tiongkok, perangkat ini menawarkan opsi memori yang lebih beragam. Pengguna bisa memilih antara RAM LPDDR4X 8 GB atau 12 GB, serta penyimpanan internal tipe UFS 3.1 dengan kapasitas 256 GB atau 512 GB.

Penyimpanan UFS 3.1 memberikan kecepatan baca/tulis yang lebih tinggi dibandingkan UFS 2.2, sehingga mempercepat akses data dan aplikasi.

Kapasitas Baterai

Dari segi baterai, A3 Pro 5G di Indonesia memiliki kapasitas 5100mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 45 watt. Baterai ini mampu mendukung penggunaan sehari-hari dengan durasi yang cukup lama.

Di Tiongkok, perangkat ini memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil, yaitu 5000mAh, namun dengan dukungan pengisian daya cepat yang lebih tinggi, yaitu 67 watt.

Pengisian daya yang lebih cepat ini memungkinkan pengguna untuk mengisi baterai dalam waktu yang lebih singkat, menambah kenyamanan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Harga

Dari sisi harga, OPPO A3 Pro 5G di Indonesia dibanderol sekitar Rp 3,9 juta. Harga ini cukup kompetitif mengingat fitur yang ditawarkan.

Di Tiongkok, harga perangkat ini berkisar antara Rp 4,5 juta hingga Rp 5,6 juta, tergantung pada varian memori yang dipilih. Harga yang lebih tinggi di Tiongkok mencerminkan spesifikasi yang lebih unggul dan fitur tambahan yang ditawarkan.

Secara keseluruhan, perbedaan antara OPPO A3 Pro 5G di Indonesia dan Tiongkok menunjukkan penyesuaian yang dilakukan OPPO untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pasar masing-masing negara.

Tapi yang masih sama ialah, smartphone ini sudah punya tingkat durabilitas tingkat dewa, IP54 untuk di Indonesia, dan IP69 untuk pasar Tiongkok.

Dengan fitur dan spesifikasi yang disesuaikan, A3 Pro 5G di kedua negara menawarkan nilai yang berbeda bagi para pengguna.

Baca juga : Oppo A3 Pro 5G Bawa AI Generatif, Bisa Hapus Objek Foto dengan AI Eraser

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU