Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

Segini Harga Internet Starlink, Sekaligus Cara Berlangganan

BACA JUGA

Selular.ID – Starlink, layanan internet satelit revolusioner milik SpaceX, telah resmi beroperasi di Indonesia sejak Mei 2024.

Dengan janji menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah, Starlink menawarkan solusi bagi daerah yang kurang terjangkau oleh layanan internet tradisional.

Baca juga: Deadline Starlink Buat Kantor Operasional di Indonesia

Namun, apa yang membuat Starlink begitu istimewa, dan bagaimana perbandingannya dengan ISP lokal?

Pertama, mari kita bahas kecepatan. Starlink mengklaim dapat memberikan kecepatan hingga 220 Mbps, sebuah angka yang mengesankan dibandingkan dengan rata-rata kecepatan internet di Indonesia.

Ini berarti pengguna dapat menikmati streaming, gaming, dan kegiatan online lainnya dengan lebih lancar dan tanpa hambatan.

Kedua, adalah masalah harga. Paket internet Starlink di Indonesia dibanderol mulai dari Rp750.000 per bulan, dengan biaya perangkat keras sebesar Rp 7,8 juta.

Ini mungkin terdengar mahal, tetapi ketika mempertimbangkan keandalan dan kecepatan yang ditawarkan, harga tersebut bisa jadi investasi yang berharga bagi mereka yang membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat.

Starlink juga menyediakan berbagai paket yang disesuaikan untuk kebutuhan yang berbeda.

Misalnya, ada Paket Residensial yang cocok untuk keluarga, Paket Jelajah yang dirancang untuk mereka yang sering bepergian, dan Paket Kapal untuk kebutuhan maritim atau tanggap darurat.

Setiap paket menawarkan fitur yang berbeda, seperti kuota mobile tanpa batas di pedalaman dan portabilitas untuk Paket Jelajah, atau prioritas jaringan untuk Paket Kapal.

Ketika membandingkan dengan ISP lokal seperti IndiHome atau Biznet, harga Starlink memang lebih tinggi. Namun, dengan budget yang sama, pelanggan Starlink mendapatkan keuntungan dari koneksi yang lebih stabil dan kecepatan yang lebih tinggi, terutama di lokasi yang sulit dijangkau oleh layanan lain.

Bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau membutuhkan koneksi internet yang andal untuk pekerjaan atau pendidikan, Starlink bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, bagi pengguna yang tinggal di area dengan banyak pilihan ISP, pertimbangan biaya mungkin akan lebih dominan.

Dalam hal inovasi, Starlink tidak diragukan lagi telah membawa angin segar ke industri telekomunikasi Indonesia.

Dengan teknologi canggih dan layanan yang menjanjikan, Starlink berpotensi mengubah cara kita mengakses dan menggunakan internet.

Meskipun demikian, masih ada pertanyaan tentang bagaimana layanan ini akan bersaing dalam jangka panjang, terutama mengingat biaya yang relatif tinggi.

Untuk berlangganan layanan Starlink di Indonesia, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Kunjungi Situs Starlink: Buka situs [Starlink Indonesia](https://www.starlink.com/id) melalui browser Anda.
2. Pilih Paket Layanan: Di situs tersebut, ketuk garis tiga atau menu untuk mengakses opsi “Paket Layanan”.
3. Tentukan Jenis Layanan: Pilih jenis layanan yang ingin Anda gunakan. Starlink menyediakan beberapa paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti “Starlink untuk Rumah”, “Paket Jelajah”, dan “Paket Kapal”.
4. Pesan Sekarang: Setelah memilih paket yang sesuai, ketuk opsi “Pesan Sekarang”.
5. Isi Alamat Layanan: Masukkan alamat tempat Anda akan menggunakan layanan Starlink pada kolom yang tersedia.
6. Konfirmasi Pesanan: Klik “Pesan Sekarang” untuk mengonfirmasi pesanan Anda.

Ingatlah bahwa selain biaya langganan bulanan, Anda juga perlu membeli perangkat keras (VSAT) yang dibutuhkan untuk menerima sinyal internet dari Starlink.

Harga VSAT terpisah dari biaya langganan dan bervariasi tergantung pada jenis penggunaan (untuk rumah atau mobilitas tinggi).

VSAT untuk pelanggan yang menetap di suatu lokasi memiliki harga sekitar Rp 7.800.000, sedangkan VSAT untuk mobilitas tinggi (seperti kapal) memiliki harga sekitar Rp 43.721.590.

Baca juga: Tiga Negara Yang Menolak Starlink Masuk Wilayahnya

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU