Rabu, 26 Juni 2024
Selular.ID -

Fitur Pengetikan Suara Google Docs Tersedia di Browser Safari dan Edge

BACA JUGA

Selular.ID – Google telah memperluas fitur pengetikan suara di Google Docs ke browser Safari dan Microsoft Edge, selain Chrome, untuk mendukung interaksi pengguna yang lebih inklusif dan dapat diakses.

Mulai hari ini, pengguna dapat mengakses pengetikan suara dan teks otomatis di browser tambahan, termasuk Microsoft Edge dan Apple Safari.

Pengetikan suara memungkinkan pengguna mengedit dokumen mereka di Google Dokumen atau catatan pembicara di Google Slide menggunakan suara mereka.

Caption otomatis menampilkan perkataan pembicara secara real time saat presentasi di Google Slide. Dengan perluasan ini, pengguna kini dapat menggunakan fitur-fitur ini di lebih banyak browser.

Saat pengguna mengaktifkan pengetikan suara atau teks, browser web akan mengelola layanan ucapan-ke-teks. Browser memproses ucapan dan mengirimkan data teks ke Google Docs atau Google Slides.

Baca Juga:Persaingan AI Panas, Kini Giliran Google Kenalkan Model Barunya

Ini berarti browser mengontrol bagaimana ucapan diubah menjadi teks sebelum mencapai aplikasi Google.

Pembaruan ini berdampak pada pengguna akhir, menjadikan Google Dokumen dan Google Slide lebih inklusif dan mudah diakses.

Hal ini memungkinkan lebih banyak pengguna mendapatkan manfaat dari pengetikan suara dan teks real-time, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Fitur-fitur ini hanya tersedia di komputer desktop. Admin memiliki kemampuan untuk mengontrol browser web mana yang didukung dalam domain mereka.

Beberapa browser mungkin menawarkan opsi untuk menonaktifkan Web Speech API di tingkat browser.

Untuk pengguna akhir, pemberitahuan mungkin muncul saat pertama kali mereka mengaktifkan fitur ini, mengarahkan mereka ke Pusat Bantuan untuk informasi lebih lanjut tentang penggunaan dikte dan teks. Peluncuran akan dilakukan secara bertahap.

Untuk domain Rilis Cepat, memerlukan waktu hingga 15 hari agar fitur dapat terlihat, dimulai pada tanggal 22 Mei 2024. Untuk domain Rilis Terjadwal, peluncuran penuh akan dilakukan selama 1 hingga 3 hari, dimulai 11 Juni 2024.

Fitur-fitur ini akan tersedia untuk semua pelanggan Google Workspace, pelanggan Google Workspace Individual, dan pengguna dengan akun Google pribadi.

Perluasan ini merupakan langkah signifikan untuk menjadikan alat Google lebih serbaguna dan dapat diakses di berbagai platform, sehingga meningkatkan produktivitas dan inklusivitas pengguna.

Fitur pengetikan suara dan teks otomatis Google kini tersedia di lebih banyak browser web, termasuk Edge dan Safari.

Baca Juga:Kominfo Beri Penjelasan Google Docs Sempat Diblokir

Perubahan ini bertujuan untuk menjadikan Google Dokumen dan Google Slide lebih inklusif dan mudah diakses, sehingga memungkinkan lebih banyak pengguna untuk mendapatkan manfaat dari fitur-fitur ini.

 

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU