Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Persaingan AI Panas, Kini Giliran Google Kenalkan Model Barunya

BACA JUGA

Selular.ID – Tidak mau ketinggalan OpenAI yang memperkenalkan model AI terbarunya, GPT 4.o, kini Google juga dijalur yang sama dalam perketat persaingan merilis model barunya bertepatan dalam acara tahunannya Google I/O 2024.

Google dalam konferensi pengembang tahunannya, Google I/O 2024, pada hari Selasa untuk memamerkan kemajuan terbarunya dalam kecerdasan buatan ketika persaingan raksasa teknologi itu dengan saingannya yang didukung Microsoft, OpenAI, terus memanas.

Selama presentasi, CEO Sundar Pichai mengumumkan bahwa Google sedang memperbarui mesin pencarinya dengan fungsi “AI Overview” baru untuk AS mulai minggu ini, dengan rencana untuk memperluas ketersediaannya ke negara lain dalam waktu dekat.

Pichai mengatakan berkat Gemini, model AI Google, perusahaan tersebut mampu meningkatkan kemampuan pencarian di seluruh produknya.

Ia kemudian mendemonstrasikan fitur yang akan hadir di Google Foto musim panas ini, yang disebut “Ask Photos”.

Alat ini memungkinkan pengguna memanfaatkan AI untuk mengakses gambar atau kenangan di histori dengan cepat berdasarkan permintaan.

Raksasa teknologi milik Alphabet ini juga meluncurkan model Gemini 1.5 Pro terbarunya, dan menyediakannya untuk semua pengembang secara global mulai hari Selasa.

Google juga mengumumkan peningkatan pada model Gemini Pro 1.5 yang mampu memahami data dalam jumlah besar.

Google juga mengatakan pihaknya menggandakan jumlah tersebut, menjadi 2 juta token, yang berarti AI berpotensi dapat menjawab pertanyaan ketika diberikan ribuan halaman teks atau lebih dari satu jam video untuk dicerna.

Perusahaan mengumumkan versi Gemini yang diperkecil yang disebut 1.5 Flash, yang bertujuan untuk menurunkan biaya penerapan AI dan mempercepat respons.

Seperti versi yang lebih mumpuni, Flash dapat mengambil data dalam jumlah besar sekaligus dioptimalkan untuk aplikasi chatting, video dan teks gambar.

Baca juga : Gemini Bakal Merangkum Email di Gmail untuk Android

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU