Tuesday, May 21, 2019
Home Apps Google Docs Gulirkan Fitur Grammar Suggestions Untuk Koreksi Tulisan

Google Docs Gulirkan Fitur Grammar Suggestions Untuk Koreksi Tulisan

-

Jakarta,Selular.ID – Kerap menulis dengan Google Docs? Kabar gembira bagi Anda yang sering salah dalam menulis. Pasalnya, Google baru saja mengumumkan pihaknya akan segera menyematkan fitur baru di Google Docs.

Fitur grammar suggestions, akan mendeteksi apabila pengguna salah menuliskan kata atau susunan kalimat dan memberikan rekomendasi yang benar. Fitur tersebut adalah fitur pengoreksi tata bahasa yang bertujuan agar pengguna bisa menulis kalimat dengan baik dan benar.

Dikutip Gagdet Ndtv, koreksi otomatis ini mulai dari hal sederhana seperti penggunaan a dan an dalam bahasa Inggris hingga tatanan kelompok kata yang lebih rumit.

Google mengungkapkan fitur tata bahasa itu akan mengadopsi sistem real-time untuk menemukan kesalahan penulisan. Dengan kecerdasan buatan, semakin digunakan fitur akan bekerja semakin baik, karena mempelajari kebiasaan pengguna.

Cara fitur ini, mendeteksi tulisan yang salah adalah, saat Docs mendeteksi kesalahan tatabahasa, sebuah garis bawah warna biru akan ditambahkan di kalimat yang bermasalah.Pengguna kemudian bisa melakukan klik kanan untuk melihat anjuran kalimat perbaikan, atau mengabaikannya saja.

Cara kedua, adalah dengan menjalankan fungsi spelling and grammar check, dari menu tools di Docs. Kesalahan pengejaan dan tatabahasa di keseluruhan tulisan akan ditandai. Lantaran berbasis AI yang bisa terus melakukan perbaikan, Google mengklaim kemampuan pengecek tatabahasa besutannya akan terus meningkat apabila sering dipakai.

Sebelum diperluas ke semua pengguna Google Docs menjelang akhir 2018. Fitur pengecekan tatabahasa sebenarnya sudah lama tersedia di program word processor konvensional, misalnya suite software Office besutan Microsoft. Namun implementasi Google di Docs agak berbeda karena seluruhnya mengandalkan kecerdasan buatan.

Fitur Google tersebut pada awal dirilis baru bisa dinikmati oleh pengguna GSuite. Namun Google berjanji layanannya akan diperluas hingga menjangkau lebih banyak pengguna.

Bersamaan dengan pengumuman itu, Google mengungkapkan perusahaan juga membawa fitur Smart Reply. Fitur ini secara otomatis akan merekomendasikan respons jawaban berkat bantuan kecerdasan buatan. Rekomendasi jawaban tersebut bisa difungsikan dalam chat di aplikasi Hangouts bagi pengguna bidang bisnis.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest