Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Cara Menata Keuangan Setelah Libur Lebaran

BACA JUGA

Selular.ID – Libur Lebaran telah berakhir. Saatnya kembali beraktivitas dan bekerja untuk mengumpulkan pundi-pundi penghasilan.

Kembali ke rutinitas sehari-hari dan mengumpulkan penghasilan adalah langkah penting untuk memastikan stabilitas keuangan jangka panjang.

Baca juga: 9 Cara Hasilkan Uang Agar THR Bertambah Cuan

“Ini adalah waktu yang tepat untuk kembali fokus pada pekerjaan, bisnis atau sumber penghasilan lainnya serta membuat rencana dan strategi untuk mencapai tujuan keuangan,“ tegas Community Lead IPOT Angga Septianus.

Namun sebelum terlalu sibuk dalam rutinitas, imbuhnya, penting untuk mengevaluasi kondisi keuangan, apakah ada kesalahan dalam pengeluaran selama libur Lebaran.

“Kita harus waspada agar perilaku keuangan yang buruk tidak memberatkan kita di masa mendatang. Ibarat mengisi tabung dengan air, siapa pun harus memastikan tidak ada kebocoran. Begitu juga dengan keuangan, kita perlu memastikan kestabilan setelah masa liburan,“ pesan Angga.

Ia lantas memberikan sejumlah tip untuk merapikan keuangan setelah liburan Lebaran:

1). Periksa catatan keuangan selama mudik dan liburan

Apakah pengeluaran meningkat saat mudik atau liburan Lebaran? Entah untuk amplop salam tempel saat Idul Fitri, tiket mudik, liburan hingga oleh-oleh.

2). Lunasi utang, terutama jika menggunakan paylater

Angga menjelaskan penggunaan paylater atau pinjaman memang memudahkan, tetapi perlu diingat bahwa di baliknya ada bunga dan biaya yang harus dibayar.

3). Batasi pengeluaran harian dan utang untuk memperbaiki aliran kas

Pengeluaran tambahan dan utang bisa mengganggu aliran kas. Pengeluaran tambahan dan utang dapat secara signifikan mengganggu aliran kas yang sehat.

4). Tetap konsisten menabung dan berinvestasi

Jangan biarkan liburan menguras tabungan. Konsisten menabung dan berinvestasi adalah kunci untuk masa depan yang lebih baik.

5). Pertahankan kebiasaan baik seperti hemat dan bersedekah

Kebiasaan baik selama Ramadan, seperti hemat dan bersedekah, sebaiknya tetap dipertahankan setelah bulan suci berakhir.

Selamat mencoba. Semoga tip ini bisa membantu dalam mengelola keuangan dengan baik dan memastikan keuangan tetap stabil setelah liburan Lebaran.

Baca juga: Ingin Saingi Vietnam, Ini Cara Pemerintah Rayu Apple Untuk Buat Pabrik di Indonesia

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU