Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Ingin Saingi Vietnam, Ini Cara Pemerintah Rayu Apple Untuk Buat Pabrik di Indonesia

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Tidak ingin kalah dari Vietnam, Pemerintah Indonesia bujuk Apple untuk mendirikan pabriknya di tanah air.

Pasalnya, Apple telah menggelontorkan dana 400 triliun Dong alias Rp255 triliun untuk berinvestasi di Indonesia.

Namun, untuk Indonesia, Apple baru menggelontorkan dana Rp1,6 triliun padahal impor mereka di tanah air mencapai Rp32 triliun.

Pemerintah Indonesia memastikan akan memudahkan Apple berinvestasi di Indonesia.

TONTON JUGA:

Salah satunya terkait wacana untuk meminta Apple bekerja sama dengan produsen lokal dalam proses manufaktur komponen iPhone di Tanah Air.

Menteri Kominfo Budi Arie memastikan pemerintah membuka diri untuk berdiskusi dengan perusahaan apapun yang mau berinvestasi di Indonesia.

Baca juga: Perbandingan Investasi Apple di Vietnam dan Indonesia, Bagai Langit dan Bumi

Sebab, langkah ini penting agar Indonesia bisa ambil bagian dalam ekosistem digital dunia.

“Pemerintah membuka diri berdiskusi, termasuk soal hambatan-hambatan harus diselesaikan,” kata Budi Arie, Kamis (18/4/2024).

Investasi di sektor manufaktur menjadi salah satu yang dibahas Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu CEO Apple Tim Cook, Rabu (17/4/2024).

Saat ini, investasi yang sudah Apple lakukan adalah membangun fasilitas pendidikan Apple Developer Academy di Batam, Surabaya, dan Tangsel, dengan nilai Rp 1,2 triliun.

Selanjutnya, Apple Developer Academy akan dibuka di Bali, sehingga menjadikan total investasi Apple di Indonesia ditaksir mencapai Rp 1,6 triliun.

Budi mengatakan pemerintah siap berdiskusi lebih lanjut dengan Apple. Termasuk untuk menyeleraskan kebutuhan perusahaan agar bisa berinvestasi di Indonesia.

Ia mengatakan Apple menilai Indonesia sebagai negara yang strategis dan berpotensi besar.

Jadi, dia mengatakan pemerintah tidak akan mempersulit proses investasi Apple di Indonesia.

“Sebagai negara, Indonesia dipandang strategis, punya potensi besar. Jangan mempersulit diri sendiri dan orang lain. Kami terbuka,” ucap Budi.

Baca juga: Bos Apple Tim Cook Mengaku Seorang Gay, Datang Ke Jakarta

Dalam pertemuan kemarin, Apple juga menyatakan komitmennya mendirikan pusat inovasi teknologi digital di Indonesia.

Mendengar hal itu, Jokowi meminta raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) bisa bekerja sama dengan universitas dalam negeri.

“Presiden Jokowi ingin Apple bekerja sama dengan 3 universitas untuk mendirikan pusat inovasi, dalam perkembangan teknologi kata kunci inovasi, basis harus lembaga pendidikan,” ungkap dia.

Ikuti berita Selular.id di Google News

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU