Rabu, 24 April 2024

Mending Mana? realme 12 Pro+ 5G vs Vivo V30

BACA JUGA

Selular.ID – Cuma selang sehari, realme 12 Pro+ 5G+ vs Vivo V30, dua smartphone kelas menengah di segmen harga 5 jutaan hadir di Indonesia, siapa yang lebih unggul?.

realme 12 Pro+ 5G dan Vivo V30 merupakan dua smartphone kelas menengah yang kini menggemparkan pasar Indonesia.

Bagaimana tidak, meskipun dua smartphone ini hadir di kelas menengah, tapi kualitas fitur dan spesifikasi udah menyerupai smartphone kelas flagship, bahkan digadang-gadang menjadi dua smarpthone terbaik di segmen menengah pada saat ini. 

Seperti biasa kedua perangkat ini menawarkan berbagai keunggulan yang menonjol dari berbagai aspek. Namun begitu, tidak bisa dipungkiri realme 12 Pro+ 5G menghadirkan teknologi kelas flagship yang sebelumnya hanya bisa ditemukan pada smartphone-smartphone premium. 

Meski sama-sama menyasar segmen kelas menengah,  kalau melihat spesifikasi keduanya tidak bisa dibilang seragam. Maka dari itu berikut perbandingan spesifikasi antara realme 12 Pro+ 5G dan Vivo V30:

Desain dan Layar

Diawali dari sisi desain, Vivo V30 hadir dengan varian warna  zamrud khatulistiwa, karena memang terlihat nuansa kental bebatuan.

Tapi desain vivo V30 terlihat standard untuk dijual untuk kelas menengah, seperti desain housing kamera myang masih kotak, dan terdapat lampu kotak di bagian bawahnya, bermaterialkan fluorite AG glass.

Tapi pada realme 12 Pro+ 5G melanjutkan perjalanan series sebelumnya, di mana yang dahulu berkolaborasi dengan desainer Matteo Menotto, kini realme mengadopsi desain layaknya jam tangan mewah menggandeng Oliver Saveo sang desainer jam tangan premium yang pernah berkolaborasi dengan brand ternama seperti Rolex.

Desain yang ramping dan tidak lupa di smartphone menggunakan material kulit dengan sebutan vegan leather, ponsel ini juga sudah menggunakan  layar melengkung di sisi kanan kirinya. Serta, realme 12 Pro+ 5G hadir dengan pilihan warna yang menarik menunjukan kesan elegan. 

Sesuai namanya point plus-nya, desain smartphone realme 12 Pro+ 5G lebih kece, karena sudah mengusung housing kamera bundar, layaknya smartphone kelas kakap yang memberikan sebuah statement bahwa smartphone ini membawa senjata rahasia pada aspek kamera.

Kemudian untuk pendukung aktivitas hiburan seperti mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain game realme 12 Pro+ 5G lebih baik karena menggunakan dual stereo speaker. Ditambah dengan kualitas dari Dolby Atmos. Sedangkan vivo V30 5G masih menggunakan mono speaker.

Kamera

Pas menyinggung soal kamera, dua brand ini memang lebih mengedepankan aspek kualitas kameranya, meskipun dari soal kualitas, kedua smartphone tidak bisa dianggap sama.

Tapi tidak berenti sampai di situ, teruntuk realme sudah menghadirkan kejutan di pasar smartphone Indonesia melalui kehadiran smartphone terbarunya ini.

Karena smartphone ini membawa peningkatan besar di sektor kamera. realme 12 Pro+ 5G menghadirkan lensa telefoto periskop pertama di segmennya yang membuat smartphone ini jauh mengungguli kompetitor lain.

Untuk vivo V30 menyematkan kualitas kamera utama 50MP dan 50MP juga untuk kamera depannya, lalu hanya mampu melakukan 20x Maximum Zoom.

realme 12 Pro+ unggul karena punya 3 kamera, diantaranya telefoto periskop 64MP OmniVision OV64B yang umumnya dipakai hanya di smartphone flagship dan sudah OIS untuk keseimbangan pengambilan gambar, kamera utama 50MP menggunakan Sony IMX 890 dengan OIS yang biasanya ada di ponsel flaghsip, dan juga  8MP Ultra-Wide Camera. 

Perpaduan spesifikasi kamera dari  realme 12 Pro+ 5G juga terasa berkat  fitur kamera yang ditawarkannya seperti 3x Optical Zoom, 6x In-sensor Zoom, 3x Portrait dengan bokeh yang lebih optimal, dan mampu melakukan zoom hingga 120x SuperZoom. 

Kehadiran lensa telefoto periskop ini tidak hanya membuat realme 12 Pro+ 5G unggul dalam hal foto jarak jauh, namun juga meningkatkan secara keseluruhan kualitas hasil foto pada smartphone ini. Dan yang tidak boleh dilupakan, realme juga menggandeng Qualcomm untuk bekerja sama dalam pemrosesan hasil foto, dan menghadirkan fitur RAW yang hanya ada umumnya pada smartphone premium saja. 

Untuk sektor kamera depan vivo menggunakan sensor Samsung JN1 dengan resolusi 50MP tapi untuk realme 12 Pro+ terbilang lebih unggul karena dukungan sensor Sony IMX615 yang sudah populer berkat kualitas pengambilan gambarnya yang lebih baik, jika dibandingkan.

Sistem Operasi dan UI

Untuk performa yang lebih halus dan efisien ponsel ini sama-sama menggunakan Android 14. vivo V30 5G menghadirkan Funtouch OS khas vivo sedangkan realme 12 Pro+ 5G hadir dengan UI terbaru realme UI 5.0. Sekilas tampak mirip. Namun begitu realme UI 5.0 membawa beragam fitur terbaru yang menyenangkan untuk digunakan seperti Smart Image Matting, File Dock, Flash Capsule, dan juga Phonelink.

Perbedaan juga terlihat dari segi durabilitas  dari kedua smartphone ini, karena realme 12 Pro+ 5G disokong oleh  IP65 Dust and Water Resitance, yang pastinya lebih baik  dalam  ketahanan terhadap air dan debu dibanding vivo V30 dengan IP54 Splash and Dust Resistance.

Lalu untuk hal yang lebih penting dari segi harga membuat kedua smartphone ini terasa kompak, yaitu sama sama dijual dengan harga (SRP) Rp 5.999.000 – Rp 6.999.000. Namun realme menawarkan keuntungan dengan harga spesial khusus Flash Sale pada hari ini, 3 Maret mulai pukul 00.00 WIB.

realme 12 Pro+ 5G (8GB+8GB*|256GB) akan dijual dengan harga khusus di moment Flash Sale yaitu Rp5.599.000 di Tokopedia, TikTok, dan realme.com, serta Rp6.599.000 untuk memori 12GB+12GB*|512GB di Shopee dan realme.com.

Pada varian realme 12 Series 5G, realme juga turut menghadirkan realme 12+ 5G (8GB+8GB*|256GB)  yang juga dijual khusus dengan harga khusus Rp3.999.000 selama masa Flash Sale di berbagai ecommerce dan realme.com. 

Baca juga : Demi Bersaing Ke Papan Atas, Realme Bakal Bawa GT Series Ke Indonesia

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU