Kamis, 23 Mei 2024

Kominfo Klaim Semua Operator Berminat Ikut Lelang Spektrum 700 Mhz

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Rencana lelang spektrum 700 Mhz dan 26 Ghz yang sebelumnya direncanakan pada awal 2024, dipastikan mundur.

Hal itu disampaikan Ismail, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo.

“Belum ada tenggat waktu untuk menggelar lelang, karena masih terdapat penyesuaian, juga koordinasi dengan kementerian/lembaga lainnya”, ujar Ismail, di sela-sela peresmian Huawei 5G Warehouse di Ckarang, Bekasi (7/3/2024).

Ismail mengakui, lelang belum dapat digelar karena menunggu regulasi insentif 5G. Saat ini skema insentif masih dalam tahap komunikasi dengan Menteri Keuangan dan sejumlah stakeholder terkait.

Ismail menyebutkan, saat ini Kominfo sudah bergerak, tapi belum bisa memastikannya. Hal ini mengingat, menurut Ismail, harus ada kordinasi antar instansi, sehingga pihaknya tidak bisa menentukan sendiri.

Untuk diketahui, lelang frekuensi 700MHz dan 26GHz kali ini berbeda dengan lelang-lelang sebelumnya.

Baca Juga: Kominfo Belum Bisa Pastikan Jadwal Lelang Spektrum 700 Mhz

Kominfo akan menggelar lelang bersamaan dengan penerbitan regulasi insentif 5G. Insentif tersebut berupa subsidi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari pembayaran BHP frekwensi.

Pengurangan BHP frekwensi sejalan dengan usulan operator selular yang menilai komponen tersebut sudah sangat tinggi, dan membebani Capex.

Beberapa usulan yang diminta adalah BHP spektrum lama diturunkan sebesr 20%. Sedangkan untuk yang baru, pemerintah agar bersedia memberikan grace period, 3 hingga 4 tahun.

Meski proses lelang masih tertunda, namun Ismail mengklaim, semua operator selular yaitu Ooredoo Hutchison, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata berminat mengikuti lelang.

“Kalau dari surat kesediaan semua berminat. Kita sudah mengirim surat kesediaan, mereka semua jawab oke,” pungkas Ismail.

Baca Juga: Insentif 5G Masih Belum Diputuskan, Lelang Spektrum 700 Mhz Jadi Tertunda

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU