Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Jangan Boros! Penting Alokasi Dana THR yang Benar

BACA JUGA

Selular.ID – Penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang untuk memperbaiki kondisi keuangan mereka, Namun, penting untuk alokasikan dana tersebut dengan bijak agar memberikan manfaat jangka panjang.

Menurut Bibit, platform investasi terkemuka di Indonesia, alokasi dana THR yang tepat dapat membantu Anda meraih stabilitas keuangan dan merencanakan masa depan yang lebih baik.

Berikut adalah tips alokasi dana THR yang direkomendasikan oleh Bibit:

10% untuk Cicilan atau Hutang

Melunasi cicilan atau hutang merupakan prioritas utama yang harus Anda perhatikan. Dengan mengalokasikan 10% dari total dana THR untuk membayar cicilan atau mengurangi hutang, Anda dapat menghindari beban bunga yang terus bertambah dan meningkatkan kesehatan keuangan Anda secara keseluruhan.

10% Dana Darurat

Memiliki dana darurat sangat penting untuk menghadapi situasi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau kebutuhan mendesak lainnya.

Alokasikan 10% dari dana THR Anda untuk membangun atau memperkuat dana darurat Anda agar Anda memiliki perlindungan finansial yang cukup.

10% untuk Zakat atau Sedekah

Memberikan zakat atau sedekah merupakan kewajiban bagi umat Muslim dan juga merupakan amal yang dianjurkan dalam berbagai agama dan budaya.

Alokasikan 10% dari dana THR Anda untuk membantu orang-orang yang membutuhkan dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

10% Self Reward

Merewards diri sendiri juga penting dalam mengelola keuangan dengan sehat. Alokasikan 10% dari dana THR untuk memanjakan diri Anda dengan sesuatu yang Anda nikmati, seperti liburan kecil, membeli barang yang Anda inginkan, atau menikmati pengalaman menyenangkan lainnya.

20% untuk Mudik

Jika Anda merencanakan perjalanan mudik untuk merayakan hari raya bersama keluarga, alokasikan 20% dari dana THR untuk biaya perjalanan, penginapan, dan kebutuhan lainnya selama perjalanan.

Pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan bijak agar dana tersebut cukup untuk menutupi semua biaya yang diperlukan.

20% untuk Belanja

Meskipun penting untuk merencanakan belanja dengan bijak, tetapi juga penting untuk menyisihkan sebagian dana THR untuk belanja keperluan sehari-hari atau untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan.

Alokasikan 20% dari dana THR untuk belanja agar Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda tanpa mengorbankan tujuan keuangan jangka panjang Anda.

20% untuk Investasi

Investasi adalah kunci untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Alokasikan 20% dari dana THR Anda untuk investasi guna membangun kekayaan dan mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Menurut Bibit, investasi ke aset pasar uang, obligasi, dan saham sangat cocok untuk pemula dan dapat memberikan hasil yang menguntungkan dalam jangka panjang.

Dengan mengikuti tips alokasi dana THR yang benar menurut Bibit ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan dana THR Anda untuk meningkatkan kesehatan keuangan Anda, membangun masa depan yang lebih baik, dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang Anda.

Ingatlah untuk selalu merencanakan keuangan Anda dengan bijak dan konsisten dalam menjalankan rencana keuangan Anda.

Baca juga : Jelang Idul Fitri, Cek 5 Cara Atur THR melalui Investasi Syariah!!

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU