Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Jelang Idul Fitri, Cek 5 Cara Atur THR melalui Investasi Syariah!!

BACA JUGA

Selular.ID – Tak terasa Lebaran akan tiba dalam hitungan beberapa hari lagi. Seiring dengan berbagai persiapan menyambut hari yang fitri, Tunjangan Hari Raya (THR) juga menjadi salah satu hal yang dinanti.

Namun, agar THR di tahun ini tak langsung habis, pengelolaan keuangan cermat perlu dilakukan.

Baca juga: Manfaatkan THR Si Kecil, Berikut Tips Pengalokasian THRnya

Dengan beragam kegunaannya, mulai dari memenuhi kebutuhan di hari raya, bersedekah, hingga melunasi utang, dana THR juga bisa dialokasikan untuk kebutuhan jangka panjang, termasuk berinvestasi syariah guna bantu mencapai tujuan finansial di masa mendatang.

Romy Buchari, Head Shariah Banking, Maybank Indonesia mengatakan, THR biasanya banyak dimanfaatkan untuk hal yang bersifat konsumtif, namun sebenarnya dana THR juga dapat dialokasikan untuk berinvestasi lewat berbagai produk yang mengedepankan prinsip-prinsip syariah demi mencapai manfaat yang maksimal, baik secara materiil maupun spiritual.

“Jadi saat menerima THR tahun ini, pastikan untuk mengelolanya dengan baik agar penggunaannya tepat guna dan membawa kesejahteraan di kemudian hari,” ujarnya.

Berikut lima tips mudah bagi yang hendak mulai mengatur THR untuk investasi syariah!

1. Mencari informasi mengenai investasi syariah 

Berinvestasi syariah merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas ekonomi, yang sekaligus membawa ketenangan spiritual.

2. Meninjau kembali pengeluaran THR sebelumnya

Catatan pengelolaan THR di tahun-tahun sebelumnya dapat menjadi cerminan dan tuntunan dalam manajemen dana THR di tahun ini.

3. Pilih instrumen investasi syariah yang sesuai

Jika sudah mengalokasikan sebagian dana THR untuk investasi, kini waktu yang tepat untuk menentukan instrumen investasi syariah sesuai dengan tujuan keuangan yang ingin dicapai di masa depan, mulai dari persiapan pendidikan anak, dana untuk naik haji, hingga dana pensiun di hari tua.

4. Memastikan lembaga keuangan berkonsep syariah

Langkah berikutnya yang penting dilakukan adalah memastikan lembaga keuangan yang dipilih memiliki produk investasi berbasis syariah.

5. Melakukan diversifikasi portofolio investasi

Dalam berinvestasi, diversifikasi portofolio investasi menjadi sebuah strategi untuk mendorong pertumbuhan nilai aset.

Dengan dana THR tahun ini dan yang akan datang, teruslah berinvestasi secara konsisten untuk hasil lebih optimal.

Baca juga: Ojol Gojek dan Grab Tidak Dapat THR, Bertentangan dengan SE Kemenaker?

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU