Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

Apple Hentikan Rencana Mengembangkan Layar MicroLED untuk Apple Watch

BACA JUGA

Selular.ID – Apple telah mengakhiri proyek untuk mengembangkan layar microLED secara internal untuk Apple Watch. menurut Mark Gurman dari Bloomberg sebagai kebalikan dari laporan sebelumnya tentang pengembangan teknologi tersebut.

Apple menginvestasikan miliaran dolar dalam mengembangkan layar microLED, dengan rencana untuk menambahkan microLED ke Apple Watch Ultra terlebih dahulu.

MicroLED terlalu mahal dan terlalu rumit untuk dirancang oleh Apple, sehingga Apple kini mengatur ulang tim teknik layarnya dan memberhentikan karyawan di AS dan Asia.

Beberapa karyawan yang dipindahkan mungkin dapat mendapatkan pekerjaan lain di perusahaan, dan yang lainnya akan diberikan pesangon.

Rumor bahwa Apple telah membatalkan rencana untuk Apple Watch dengan microLED pertama kali muncul pada bulan Februari ketika pemasok ams OSRAM mengatakan bahwa “proyek landasan” terkait microLED telah dibatalkan.

Segera setelah itu, beredar rumor bahwa Apple telah mengakhiri hubungannya dengan Kulicke & Soffa, perusahaan lain di pasar layar canggih.

Baca Juga:Apple Watch Hampir Hadir di Android, Tetapi Terkendala Teknis

Baik analis Ming-Chi Kuo dan Display Supply Chain Consultants mengonfirmasi bahwa Apple telah membatalkan pengerjaan Apple Watch microLED setelah rumor tersebut, namun Gurman mengklaim bahwa Apple masih mengerjakan perangkat tersebut.

Dalam tweet yang sekarang sudah dihapus , Gurman mengatakan bahwa OSRAM adalah “salah satu pemasok” pada proyek tersebut, dan ada beberapa pemasok lain yang bekerja sama dengan Apple. “Saya ragu itu dibatalkan,” tulisnya.

DigiTimes dan ETNews juga menyarankan agar ams OSRAM diganti karena penurunan kinerja dan Apple memiliki pemasok lain, tetapi tampaknya informasi tersebut tidak benar.

Teknologi MicroLED menggunakan LED mikroskopis untuk setiap piksel. Ini lebih hemat energi dibandingkan LED tradisional, menawarkan kontras yang lebih baik, dan memiliki waktu respons yang lebih cepat.

Warna lebih cerah dan lebih baik, serta tidak ada risiko terbakar seperti pada OLED. Apple disebut-sebut telah meninggalkan proyek tersebut karena tidak layak secara ekonomi.

Gurman mengklaim bahwa Apple akan tetap menggunakan teknologi layar OLED untuk Apple Watch “untuk saat ini”, tetapi perusahaan tersebut “mengincar micro LED untuk proyek lain di masa mendatang.

Baca Juga:Sudah Turun Harga, Apple Tidak Memilih Panel Dari Samsung

Apple sedang “mengidentifikasi” calon pemasok dan proses baru untuk micro LED, namun hal itu “tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat”.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU