Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Ratusan Ribu Data Pengguna Marketplace Facebook Bocor

BACA JUGA

Selular.ID – Sebanyak ratusan ribu, tepatnya 200.000 data pengguna Facebook Marketplace termasuk nomor telepon, alamat email, dan informasi pribadi lainnya telah bocor di forum peretas minggu ini.

Data tersebut diposting di forum peretasan oleh seorang cybercriminal yang dikenal sebagai IntelBroker, yang mengklaim data tersebut dicuri dari sebuah kontraktor yang mengelola layanan cloud untuk Facebook pada Oktober 2023.

Peretasan ini merupakan masalah keamanan siber terbaru yang ditambahkan ke dalam daftar pelanggaran data terkemuka yang terus bertambah.

IntelBroker berbagi berita bahwa database Facebook Marketplace yang cukup besar dicuri oleh pengguna di Discord, yang bernama ‘algoatson’. Diklaim bahwa algoatson telah meretas sistem kontraktor Meta, sehingga keamanan siber internal raksasa media sosial itu dipertanyakan.

Basis data yang bocor berisi berbagai macam informasi pribadi, termasuk nama, alamat email, nomor telepon, dan ID Facebook, serta informasi profil Facebook.
Meta belum mengomentari peretasan tersebut.

Apa Risiko Pelanggaran Facebook?
Alamat email dan nomor telepon yang dicuri dapat digunakan oleh pelaku ancaman dalam serangan phishing.

Lebih dari itu, informasi ini dapat digunakan dalam serangan pertukaran SIM, yang memungkinkan peretas mencuri kode otentikasi multi-faktor yang dikirim melalui SMS untuk membajak akun korban.

Untuk mengurangi dampaknya, pengguna Facebook Marketplace didesak untuk mengganti kata sandi mereka dan mengaktifkan otentikasi dua faktor.

Disarankan juga agar individu melacak aktivitas akun mereka untuk mencari sesuatu yang mencurigakan dan memperketat pengaturan privasi Facebook mereka secara keseluruhan.

IntelBroker adalah aktor ancaman terkenal dengan daftar insiden keamanan siber, termasuk penjualan data curian dari Hewlett Packard Enterprise, dugaan pelanggaran General Electric Aviation, dan pelanggaran DC Health Link yang mengarah ke data pribadi. dari berbagai anggota DPR AS yang dibocorkan secara online.

Bukan Peretasan Pertama
Kebocoran data Facebook Marketplace terbaru ini merupakan salah satu dari sekian banyak yang dialami Meta dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagai aplikasi media sosial paling populer di dunia, yang berarti peluang besar untuk melakukan penipuan, diperkirakan 62% pengguna Facebook mengalami penipuan setiap minggunya.

Pada bulan April 2021, lebih dari 533 juta akun Facebook ditemukan telah dibocorkan di forum peretasan, yang mengakibatkan Meta didenda $275,5 juta karena gagal melindungi informasi pengguna.

Baca Juga:Gandeng BSSN dan KPU, Kominfo Selidiki Dugaan Kebocoran Data Pemilu 2024

Data yang dicuri mengungkap informasi seperti nama, nomor telepon, status hubungan, dan ID Facebook. Nomor telepon Mark Zuckerberg, Chris Hughes, dan Dustin Moskovitz – tiga pendiri Facebook – juga disertakan dalam kebocoran data.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU