Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Industri Game Sumbang Rp31 T, Google Buka Sertifikasi Developer Gratis

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Selama beberapa tahun terakhir, banyak peluang muncul seiring tren hiburan baru, dan kini juga marak kembalinya beragam hobi.

Pertumbuhan yang luar biasa ini sangat didorong oleh sektor game.

Pada tahun 2023 saja di Indonesia, Google mendapati penelusuran di Google untuk topik “Game” meningkat 150%.

Selain itu, industri game berpotensi menyumbangkan $2 miliar untuk perekonomian Indonesia, menurut Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman dan Investasi Indonesia, pada tahun 2021 lalu.

Dalam rangka membantu mengembangkan talenta teknis yang dibutuhkan demi mewujudkan potensi industri game, Google Play bermitra dengan Unity dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk meluncurkan Google Play x Unity Game Developer Training.

Inisiatif ini merupakan program pelatihan dan sertifikasi Unity bervisi global dan tanpa biaya bagi developer di Indonesia.

Sebagai bagian dari pelatihan ini, peserta dapat memilih salah satu dari tiga jalur pembelajaran: Game Developer, Artist, atau Programmer.

Kemudian, mereka bisa mengikuti program pelatihan online imersif selama total lebih dari 30 jam untuk menerima sertifikasi resmi Unity.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kunal Soni, Direktur Google Play, Asia Tenggara & Australia.
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kunal Soni, Direktur Google Play, Asia Tenggara & Australia.

Direktur Google Play, Asia Tenggara & Australia Kunal Soni mengatakan, Google pertama kali meluncurkannya tahun 2023 lalu dan saat itu belum pernah ada program seperti ini sebelumnya di dunia.

“Kami berterima kasih atas kolaborasi Unity dan Asosiasi Game Indonesia (AGI), serta tanggapan luar biasa untuk program yang diikuti oleh lebih dari 800 developer dan mahasiswa itu. Kami belajar banyak dari penyelenggaraan tahun pertama tersebut, dan pelajaran yang didapat telah kami terapkan untuk menjadikan program tahun 2024 lebih besar dan lebih baik,” serunya.

“Tahun ini, kami mengembangkan kapasitas program ini untuk menerima hingga lebih dari 500 developer, 5x lebih banyak daripada tahun lalu,” jelas Kunal Soni.

Baca Juga: Cara Main Game Piala Dunia 2022 di Google Doodle, Asik Buat Isi Waktu Luang

Mulai 28 Februari hingga akhir Maret 2024, developer bisa mendaftar di goo.gle/googleplayunity2024.

Ringkasan Program

Peserta program bisa memilih bidang keahlian masing-masing di program Unity Certified Associate

Detail Pelatihan:

  • Kursus online membutuhkan waktu 30-40 jam, dengan jadwal yang bisa diatur sendiri oleh setiap peserta
  • Kursus terdiri dari 10 modul, yang dapat diselesaikan secara fleksibel dalam hitungan minggu

Manfaat Utama yang ditawarkan tanpa biaya kepada Peserta:

  • Lisensi/sertifikasi Unity
  • Pelatihan keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam industri game
  • Tes untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui secara global
  • Pertemuan langsung untuk mengembangkan jejaring profesional para peserta

Executive Director Middle East, India and SAPAC, Unity John Biviano mengatakan, sertifikasi Unity sudah diakui secara global dan merupakan sertifikasi industri yang dikembangkan melalui kolaborasi erat antara Unity, manajer perekrutan, dan spesialis desain pengujian.

“Hal ini bertujuan untuk menguji fokus keterampilan yang diperlukan untuk berbagai peran, sehingga peserta dapat memvalidasi keahlian mereka, serta menunjukkan kesiapan mereka bersama Unity untuk langkah karir profesional berikutnya, khususnya di dalam industri game,” ujar John.

“Kami sangat antusias dalam menyambut kolaborasi yang berkelanjutan antara Google Play dan AGI guna mewujudkan program pelatihan pertama ini dan bagaimana program ini dapat memberikan pelatihan keterampilan yang berharga bagi para developer game di Indonesia,” kata John Biviano.

Baca Juga: Ini Dia Fitur dan Spesifikasi DJI Goggles

“Dengan begitu besarnya jumlah developer yang menerima pelatihan, akan semakin banyak pula developer game berkualitas di Indonesia. Melalui program ini, saya mendapatkan teman dan relasi baru di industri game, yang dapat menghasilkan kolaborasi baru. Program ini cocok baik bagi orang yang baru ingin memulai karier di industri game maupun bagi developer yang sudah masuk di industri ini,” ujar Muhammad Ramadhan Rizki Daulay, peserta program tahun pertama, Unity Programmer, Tamatin Entertainment.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Industri gim memiliki potensi yang amat besar. Selain melahirkan tim eSports nasional yang terus mendapatkan hasil menjanjikan di tingkat global, sektor ini juga memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan bagi negara.

Outlook Pariwisata & Ekonomi Kreatif 2021/2022 menyebutkan bahwa aplikasi dan gim berkontribusi sekitar Rp 31,25 triliun untuk PDB 2021, dengan tingkat pertumbuhan tertinggi kedua (9,17%).

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif Google Play dan Unity yang tidak hanya membantu pemerintah mencapai target kami untuk melatih hingga 3 ribu developer gim pada tahun ini, tetapi juga membantu kami untuk terus meningkatkan keterampilan generasi baru dan membangun kesiapan mereka untuk menghadapi masa depan, serta untuk membantu terciptanya 4,4 juta lapangan pekerjaan di 2024 ini,” tutup Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: 5 Tahun Kemitraan EVOS dan AXIS Dorong Pertumbuhan Esports Indonesia

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU