Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Asus Akui Produk B2B Masih Tertinggal dari Kompetitor

BACA JUGA

Selular.ID – Berbeda dari produk business to consumer (B2C) yang menguasai pasar laptop di Indonesia dan nomor satu sejak 2013, berbanding terbalik dengan produk business to business (B2B), yang masih di nomor lima besar di Indonesia.

“Untuk consumer dari 2013 Asus sudah nomor satu, untuk gaming Asus dari 2015 sudah nomor satu di Indonesia, tapi kalau B2B Asus masih ketinggalan,” ujar Muhammad Firman, Head of Public Relation ASUS Indonesia, di Jakarta (19/02/24).

Firman tak menutupi untuk B2B  Asus masih tertinggal ketimbang merek-merek lain. Karena memang mereka memulai bisnis di Indonesia dari segmen konsumen terlebih dahulu.

Di Indonesia sendiri, sepanjang tahun 2023 di segmen konsumen dan gaming Asus mengklaim berada di posisi puncak dengan sekitar 40 persen untuk konsumen dan sekitar 45 persen untuk segmen gaming.

Dikatakan Firman, selain produk untuk pasar konsumen dengan merek seperti Vivobook dan Zenbook, juga segmen khusus gaming dengan ROG, TUF, dan Strix.

Perusahaan juga memiliki produk untuk pasar bisnis serta solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien.

“Jadi B2B masih di nomor lima besar masih merintis, namun tahun ini Asus yakin, bisa ada di nomor empat atau nomor tiga,”ujar Firman lagi.

Asus mengakui bahwa pasar komersial (B2B) punya nilai yang lebih besar ketimbang pasar konsumen (untuk produk dan layanan yang ditawarkan, meliputi komputer personal (laptop dan desktop) hingga solusi teknologi.

Sehingga untuk produk B2B perusahaan telah menyiapkan sejumlah langkah yang akan diimplementasikan pada tahun ini.

Strategi yang dilakukan untuk menggarap pasar B2B dikatakan Firman sangat berbeda dengan pasar B2C.

Untuk consumer, dijelaskan Firman produsen biasa ke retail di offline dan ecommerce. Sementara B2B, Asus Kerjasama dengan distributor atau Goverman, edukasi ada tender pengadaan. Untuk itu Asus tidak ikut terjun langsung karena Asus Principal.

Baca Juga:Sasar Segmen Bisnis, Berikut Harga dan Spesifikasi Asus ExpertBook B9 OLED

“Asus punya patner ada distributor nanti kalau ada pengadaan tender kita maju bareng mereka untuk ikut tender itu, jadi beda dengan consumer,”pungas Firman

 

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU