Jumat, 1 Maret 2024
Selular.ID -

2023, Smartphone Premium India Tumbuh 64%

BACA JUGA

Selular.ID – Sejumlah riset pasar menyebutkan bahwa Apple mencuat sebagai raja smartphone dunia sepanjang 2023.

Namun pemandangan berbeda ketika kita menyorot masing-masing negara, termasuk di pasar smartphone terbesar kedua dunia, India.

Counterpoint Research mengungkapkan Samsung mengirimkan smartphone terbanyak di India pada tahun 2023.

Perusahaan asal Korea tersebut kembali berada di posisi teratas setelah enam tahun dominasi Xiaomi.

Namun pemilik merek Redmi dan Poco menunjukkan ketangguhannya dan mempertahankan posisi teratas untuk periode Q42023 dengan pangsa pasar 18,3%.

Total pengiriman tetap datar pada tahun 2023, dengan sekitar 152 juta unit.

Paruh pertama merupakan masa yang penuh tantangan bagi seluruh industri, namun pada semester kedua, pasar mulai pulih, didukung oleh peningkatan 5G dan penjualan pada hari raya yang lebih baik dari perkiraan.

Counterpoint juga mengungkapkan bahwa pengiriman Apple di India melampaui 10 juta untuk pertama kalinya.

Analis Riset Shubham Singh berkomentar bahwa Samsung merebut pasar dengan pemasaran offline yang agresif dan kinerja seri A yang kuat, sedangkan segmen premium memiliki “pendekatan terfokus”.

Vivo menempati posisi kedua dengan pendekatan desain CMF (warna, material, finishing) pada seri vivo V29, dan juga tampil baik dengan seri T di segmen offline.

Xiaomi berhasil menjadi yang terdepan dalam persaingan pada periode Oktober-Desember dengan meluncurkan ponsel 5G di segmen terjangkau, dan perusahaan juga memperkenalkan “portofolio yang lebih ramping”, yang berarti kali ini tidak menduplikasi unit Redmi dan Poco, sehingga menghindari kebingungan di kalangan konsumen.

Hal lain yang patut disebutkan adalah pasar premium di India.

Segmen premium mengalami pertumbuhan sebesar 64% YoY berkat skema pembiayaan, yang memungkinkan lebih banyak pelanggan membeli ponsel pintar dengan harga lebih tinggi (lebih dari INR30.000 atau sekitar $365).

Peningkatan Apple di segmen ini, di satu sisi, didorong oleh toko fisiknya, namun iPhone juga dijual oleh pengecer dalam penawaran dan promosi yang menguntungkan.

Harapan untuk tahun depan adalah pengguna akan memilih perangkat yang mendukung Dolby Atmos dan Dolby Vision, serta ponsel dengan Generative AI.

Perangkat lipat juga memiliki masa depan yang cerah, dan Counterpoint memperkirakan segmen ini akan melampaui angka 1 juta pengiriman pada tahun 2024.

Baca Juga: Top 5 Vendor Smartphone di India 2023, Xiaomi Terjungkal

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU