Selasa, 5 Maret 2024
Selular.ID -

Smartwatch Nothing CMF Miliki Kelemahan Keamanan

BACA JUGA

Selular.ID – Anak perusahaan dari Nothing, CMF dengan produk Smartwatch nya miliki tingkat keamanan yang sangat lemah.

CMF adalah sub-brand baru dari Nothing yang baru-baru ini diluncurkan, di mana yang berfokus pada produk terjangkau seperti jam tangan pintar, earbud, dan pengisi daya.

Tidak seperti smartphone-nya, produk-produk CMF telah beredar di pasar Indonesia melalui Erajaya Group, dan juga hadir di platform e-commerce.

Namun kabar terbaru menyatakan bahwa produk smartwatch dari CMF ini katanya punya kelemahan dari segi keamanannya.

Masalahnya secara khusus berasal dari aplikasi CMF Watch, yang ditemukan memiliki kerentanan yang dapat mengekspos alamat email dan kata sandi pengguna.

Sebelumnya ini menyusul masalah pada Nothing Chats yang menimbulkan banyak masalah bagi perusahaan.

Sama seperti Nothing Chats, kerentanan pada aplikasi CMF Watch ditemukan dan segera dilaporkan ke perusahaan oleh Dylan Roussel, yang secara rutin memposting temuannya di X/Twitter dan 9to5Google.

Dalam kasus ini, dia menemukan masalahnya pada bulan September, saat dia dengan susah payah mendokumentasikannya di thread di bawah ini.

Aplikasi CMF Watch mengharuskan pengguna membuat akun dengan alamat email dan kata sandi, dan aplikasi kemudian mengenkripsi data tersebut.

Namun, aplikasi juga membiarkan metode dekripsi untuk data tersebut tersedia di dalam aplikasi itu sendiri. Artinya, pelaku kejahatan dapat dengan mudah mengakses informasi sensitif tersebut.

Perusahaan telah memperbaiki sebagian masalah tersebut dengan memperbarui metode enkripsi kata sandi, tetapi alamat email secara teknis masih berisiko.

Namun, dalam pernyataannya yang dikutip dari 9to5Google, Nothing menyatakan bahwa mereka “sedang bekerja” untuk memperbaiki masalah yang tersisa dan sejak itu membuka titik kontak untuk kerentanan keamanan.

Sebagai OEM yang relatif baru, dan terutama yang sedang mencoba meluncurkan sub-merek baru, kelemahan dalam keamanan bukanlah hal yang baik.

Baca juga : Aplikasi Serupa iMessage milik Nothing Ditarik dari Play Store

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU