Selasa, 5 Maret 2024
Selular.ID -

Kerentanan Ditemui Pada Android, Hacker Bisa Retas Ponsel Jarak Jauh

BACA JUGA

Selular.ID – Google dilaporkan telah memperbaiki 85 kerentanan, termasuk kritis CVE-2023-40088. Kerentanan ini merupakan kelemahan keamanan kritis. Pasalnya kerentanan ini memungkinkan hacker meretas ponsel Android dari jarak jauh.

Patch yang dirilis dalam keamanan Desember 2023 kabarnya hanya kompatibel dengan versi Android yang lebih baru, mulai dari Android 11 hingga Android 14.

Perusahaan juga mencatat bahwa kelemahan tersebut memengaruhi beberapa versi Android termasuk Android 11 , 12, 12L, 13, dan 14.

Beberapa kerentanan lain memengaruhi komponen sumber tertutup Qualcomm dan dijelaskan secara rinci dalam buletin keamanan Qualcomm terbaru.

Baca Juga:Chatbot Gemini Milik Google Kabarnya Akan Ditunda

Perlu dicatat di sini bahwa Google mengeluarkan patch hanyalah langkah pertama untuk mengamankan pengguna akhir, karena setiap vendor atau operator masih harus meluncurkan pembaruannya sendiri untuk memperbaiki bug tersebut.

Google tidak merilis pembaruan Pixel bersama dengan patch keamanan bulan Desember. Oleh karena itu, pengguna Pixel, mungkin harus menunggu beberapa minggu untuk mendapatkan pembaruan, dan beberapa perangkat mungkin tidak pernah menerimanya.

Dengan keamanan yang menjadi masalah yang semakin pelik bagi pengguna Android, Google mengatakan pihaknya sedang mencari cara baru untuk meningkatkan keamanan OS selulernya.

Baca Juga:Heboh! Data Pengguna Google Drive mendadak hilang!

Pembaruan mendatang diharapkan menghadirkan beberapa fitur baru untuk model Pixel yang memenuhi syarat. Salah satu fitur yang hadir untuk Pixel 8 Pro adalah Video Boost.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU