Selasa, 5 Maret 2024
Selular.ID -

Confluent Janjikan Optimalkan Data Streaming Bagi Perusahaan

BACA JUGA

Selular.ID – Di era digital saat ini, data memiliki peran yang penting khususnya dalam perkembangan bisnis. Tentunya ini memberikan konteks untuk segala hal mulai dari personalisasi dan kebutuhan konsumen hingga kepatuhan terhadap peraturan.

Rully Moulany, Area Vice President Asia, menjelaskan pentingnya penggunaan data real-time tidak bisa diabaikan.

Confluent platform data streaming memungkinkan data real-time, dari berbagai sumber, untuk terus mengalir di seluruh perusahaan.

Dengan memanfaatkan teknologi Apache Kafka, Confluent membantu berbagi perusahaan  untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan, mengurangi tekanan pada infrastruktur lama, dan bahkan memitigasi risiko terkait ancaman siber dengan pengambilan data secara real-time.

“Dengan Confluent, organisasi dapat memenuhi keharusan bisnis baru untuk memberikan pengalaman pelanggan front-end digital yang kaya dan bertransisi ke operasi backend yang canggih, real-time, dan digerakkan oleh perangkat lunak,”terang Rully di Jakarta, (06/12/23).

Menurut Rully, Confluent memiliki solusi yang berbeda dari solusi yang ada di pasaran. Solusi yang tidak hanya menyelesaikan masalah batch-pipeline, tetapi juga menyelesaikan masalah mendasar yang menghambat perusahaan.

Dijelaskan Rully, kehadiran Confluent, sebagai solusi data streaming tidak hanya menjawab tantangan bisnis, tetapi juga menciptakan peluang baru untuk perusahaan di Asia.

Baca Juga:Serangan Siber Hingga Oktober Capai 361 Juta, Apa Solusi Jaga Keamanan Data Pribadi?

“Dengan kebijakan inovatif untuk mewujudkan visi transformasi digital, membantu perusahaan menggali nilai sejati dari data real-time, dan memandu langkah-langkah menuju masa depan yang cerdas dan terhubung.” kata Rully.

Confluent telah menjadi mitra bagi perusahaan di Indonesia selama lebih dari dua tahun. Dengan menyediakan platform data streaming menggunakan Apache Kafka, Confluent memastikan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan data real-time dengan optimal.

Berbagai industri, seperti perbankan, telekomunikasi, pemerintahan, asuransi, dan manufaktur, telah merasakan dampak positif dari solusi Confluent.

Salah satunya Bank BCA. Sebagai bank swasta di Indonesia dengan aset mencapai Rp. 1.029,83 triliun (USD 68,5 miliar) pada tahun 2022, Bank BCA menurut Thomas Armand Lahey, Executive Vice President of Application Management Group, Bank BCA telah memanfaatkan solusi Confluent sejak tahun 2018.

“Dengan bantuan Confluent, Bank BCA berhasil mengakselerasi transformasi digital, memperkuat posisinya di pasar, dan meningkatkan pengalaman nasabah melalui layanan perbankan digital yang inovatif dan mengikuti kebutuhan nasabah yang sesui dengan era digital,”terang Thomas.

Data Streaming Mendorong Nilai Bisnis
Data menyebutkan, 68% organisasi di Level 2 dengan tingkat penggunaan data streaming akan mengantisipasi keuntungan 2x-5x lipat dan ini meningkat menjadi 75% pada perusahaan Level 3.

Sebanyak 73% pemimpin TI melaporkan bahwa organisasi mereka melihat manfaat yang signifikan atau manfaat yang akan muncul dari data streaming dalam hal peningkatan profitabilitas produk atau layanan.*

Data streaming mendorong efisiensi TI dan bisnis yang lebih besar di lebih dari 3 dari 4 perusahaan.

Data Streaming Investasi TI
Data menyebutkan, 89% perusahaan mengatakan bahwa investasi dalam data streaming itu penting, dengan 49% menyebutkannya sebagai prioritas strategis utama untuk investasi TI secara keseluruhan. (Secara global, angka-angka tersebut mencerminkan tren yang serupa).

Baca Juga:Heboh! Data Pengguna Google Drive mendadak hilang!

sebanyak 69% pemimpin TI mengatakan bahwa mereka menggunakan data streaming untuk mendukung aplikasi penting dan 57% menyebutkan bahwa lima atau lebih sistem penting dalam organisasi mereka bergantung pada teknologi ini. (Angka ini sedikit lebih rendah dari statistik global).

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU