Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Cara Menggunakan Fitur Keamanan Chat Lock WhatsApp

BACA JUGA

Selular.ID – Fitur keamanan dalam aplikasi pesan singkat adalah fitur penting bagi penggunanya, WhatsApp pun berupaya melengkapi fitur kemanan dalam layanannya. Setelah dalam beberapa minggu menguji fitur Chat Lock dengan kode rahasia pada versi beta untuk Android dan iOS pengguna tertentu, fitur Chat Lock sudah bisa dinikmati penggunanya.

Melalui fitur Chat Lock, pengguna bisa menyembunyikan percakapan atau chat dari daftar obrolan. Kini, percakapan dapat dikunci dengan kode rahasia yang berbeda dengan kata sandi untuk membuka smartphone (ponsel).

Dengan menggunakan kode rahasia, akan menyembunyikan folder Chat Lock dari daftar obrolan sehingga bisa menambah privasi penggunanya.

Untuk mengakses fitur Chat Lock, pengguna harus mengetikkan kode di bilah pencarian. Kode rahasia tidak harus alfanumerik, seperti kata sandi biasa, emoji pun bisa digunakan.

Nantinya folder terkunci akan hilang dari kotak masuk sebagai lapisan privasi tambahan. Untuk membuat obrolan tersembunyi muncul kembali, WhatsApp menyatakan harus mengetikkan kode yang baru buat langsung ke bilah pencarian di halaman utama.

Baca Juga: Lebih Privasi, WhatsApp Buat Kode Rahasia untuk Kunci Chat

Jika pengguna tidak ingin folder yang terkunci sepenuhnya, mereka akan memiliki opsi untuk menyimpannya di sana.

WhatsApp juga mempermudah penguncian obrolan. Caranya adalah dengan menekan lama percakapan, ketuk tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih Kunci Obrolan.

Untuk memulai, ketuk tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan Kunci Obrolan. Aktifkan Kode Rahasia dan buat kata sandi.

Pengguna dapat menggunakan emoji dalam kode bersama angka, huruf, dan tanda baca dan menjadi cukup kreatif.

Baca Juga:WhatsApp Rilis Aplikasi Native Baru Untuk Mac Serta Sejumlah Fitur

Dengan begitu, jika masuk ke halaman utama, folder yang terkunci sudah hilang. Ketik kode yang baru saja pengguna buat ke dalam bilah pencarian untuk memunculkan percakapan kembali, untuk saat ini fitur Chat Lock di WhatsApp versi smartphone.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU