Selasa, 18 Juni 2024
Selular.ID -

Alasan Mengapa Apple Watch Terlarang di AS

BACA JUGA

Selular.ID – Jika kebetulan Anda sedang berada di Amerika Serikat, Anda tidak bisa lagi membeli Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 dari toko online Apple.

Dan setelah tanggal 24 Desember, Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 juga tidak lagi tersedia di gerai ritel perusahaan.

Mengapa ada larangan Apple Watch?

Apple telah menarik model jam tangan tersebut dari situs webnya setelah Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat (ITC) memerintahkan perusahaan tersebut untuk berhenti menjualnya di AS.

ITC mengeluarkan larangan Apple Watch setelah memihak Masimo, sebuah perusahaan teknologi medis, yang menggugat Apple pada tahun 2021 karena diduga melanggar lima paten terkait pemantauan oksigen darah berbasis cahaya.

Pada bulan Oktober, ITC menguatkan keputusan hakim awal tahun ini bahwa Apple Watch memang melanggar paten Masimo. Kedua model yang terpengaruh hadir dengan fitur tersebut, namun model lama dengan kemampuan tersebut tidak termasuk dalam larangan penjualan. Apple mulai menawarkan pemantauan oksigen darah dengan Watch Series 6.

ITC menguatkan keputusan hakim sebelumnya pada awal tahun ini bahwa Apple memang melanggar paten Masimo.

Apple mengajukan banding atas keputusan tersebut dan mencoba meyakinkan komisi tersebut untuk menghentikan sementara larangan tersebut hingga larangan tersebut selesai.

Namun, ITC telah menolak permintaan tersebut, yang berarti larangan tersebut akan diterapkan kecuali presiden sendiri yang turun tangan dan memveto perintah tersebut.

Perwakilan Dagang AS juga sedang meninjau keputusan ITC, dan mungkin memilih untuk tidak menyetujuinya karena alasan kebijakan.

Masimo awalnya menggugat Apple pada tahun 2020 karena diduga mencuri rahasia dagang.

Apple diduga mempekerjakan beberapa karyawan Masimo dan menggunakan pengetahuan mereka tentang produk Masimo untuk mengembangkan kemampuan pemantauan oksigen darah di Apple Watch. Kasus itu masih berlangsung.

Apa yang dilakukan Apple mengenai hal ini?

Apple sebelumnya mengatakan mereka akan menarik model jam tangan tersebut dari situs webnya pada tanggal 21 Desember dan dari gerai ritelnya pada tanggal 24 Desember sebagai tindakan pencegahan jika keputusan tersebut tetap berlaku.

Larangan impor baru akan berlaku pada tanggal 26 Desember, dan Masa Peninjauan Presiden saat ini sedang berlangsung hingga tanggal 25 Desember.

“Tim Apple bekerja tanpa kenal lelah untuk menciptakan produk dan layanan yang memberdayakan pengguna dengan fitur kesehatan, kebugaran, dan keselamatan terdepan di industri,” kata perusahaan itu awal bulan ini.

“Apple sangat tidak setuju dengan perintah tersebut dan sedang melakukan serangkaian opsi hukum dan teknis untuk memastikan Apple Watch tersedia bagi pelanggan.”

Perusahaan menambahkan mereka akan “terus mengambil semua tindakan untuk mengembalikan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 kepada pelanggan di AS sesegera mungkin.”

Pada tahun 2022, Apple sendiri mengajukan dua tuntutan hukum pelanggaran paten terhadap Masimo yang menuduhnya merilis jam tangan pintar yang meniru fitur jam tangannya.

Namun, jika presiden maupun Perwakilan Dagang AS tidak membatalkan larangan tersebut, perusahaan mungkin harus menunggu hasil bandingnya.

Apple juga bisa mencapai kesepakatan dengan Masimo, yang kemungkinan besar berarti uang akan berpindah tangan. CEO perusahaan mengatakan dia terbuka untuk penyelesaian keuangan, namun Apple belum mencoba untuk menegosiasikan perjanjian.

Bloomberg melaporkan bahwa Apple sedang mengerjakan pembaruan perangkat lunak yang diyakini akan menyelesaikan perselisihan ITC.

Baca Juga: CEO Masimo Tuntut Permintaan Maaf Apple Usai Penjualan Apple Watch Dihentikan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU