Selasa, 21 Mei 2024
Selular.ID -

Telkomsel Percayakan AWS Untuk Percepatan Strategi Transformasi Digital

BACA JUGA

Selular.ID – Amazon Web Services (AWS) mengumumkan Telkomsel memilih AWS sebagai penyedia layanan cloud untuk meningkatkan fleksibilitas TI perusahaan, mendorong efisiensi operasional, dan percepat strategi transformasi digital untuk peluncuran layanan pelanggan baru.

Sebagai bagian dari transformasi digitalnya, Telkomsel akan memigrasikan berbagai aplikasi TI ke AWS, termasuk kanal pelanggan di front end, Telkomsel Gaming Store Front, middleware, hingga machine learning.

Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi cloud computing unggulan AWS, Telkomsel membuka semua peluang masa depan untuk perusahaan.

“Berkolaborasi dengan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region, telah memastikan bahwa data dilindungi berbagai langkah sistem keamanan yang andal dan membantu kami dalam kepatuhan terhadap regulasi di Indonesia.”ujar Hendri.

Migrasi ini akan membantu Telkomsel meningkatkan pengalaman pengguna dengan menawarkan layanan baru kepada lebih dari 153 juta pelanggannya.

Hal ini menjadi sangat penting mengingat Indonesia mencatatkan pertumbuhan pengguna smartphone tercepat di dunia.

Baca Juga:Gunakan AWS, ICS Compute Catat Pertumbuhan 378% dalam Dua Tahun

Lebih jauh Hendri mengatakan, secara keseluruhan, Telkomsel menjalankan 15 aplikasinya di AWS, termasuk MyTelkomsel, DigiPos Aja!, Telkomsel Gaming Store Front, Enterprise Service Bus, dan beberapa platform data lainnya.

Dengan menggunakan AWS, Telkomsel dapat meluncurkan infrastruktur baru dalam kurun waktu kurang dari satu jam, menghemat waktu hingga tujuh hari, serta meluncurkan aplikasi dan layanan digital baru hingga 40% lebih cepat.

Telkomsel memanfaatkan layanan AWS yang beragam dan memiliki kapabilitas mendalam, sekaligus menikmati ketersediaan tinggi dan latensi rendah di dari infrastruktur AWS Asia Pasific (Jakarta) Region.

Telkomsel merupakan penyedia layanan telekomunikasi digital pertama di Indonesia yang menggunakan AWS Outposts.

Sebuah rangkaian solusi dikelola sepenuhnya yang menghadirkan infrastruktur dan layanan AWS ke lokasi on-premises dan edge untuk pengalaman hybrid yang seutuhnya.

Hal ini memungkinkan Telkomsel untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data di lokasi sambil tetap menggunakan layanan AWS.

Solusi tersebut dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer data antara aplikasi Telkomsel dan cloud, sehingga membantu perusahaan untuk berinovasi lebih cepat bagi pelanggan.

Telkomsel juga menggunakan kemampuan cloud yang canggih termasuk AWS Lambda untuk eksekusi kode tanpa server (serverless), Amazon GuardDuty untuk perlindungan kontainer, Amazon ElastiCache untuk in-memory caching, serta Amazon Elastic Kubernetes Service dan dan Amazon Elastic Container Service untuk peluncuran kontainer.

Oleh karena itu, Telkomsel berencana untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pengalaman pelanggan lewat eksplorasi teknologi machine learning (ML) dan kecerdasan artifisial (AI) generatif yang dikembangkan AWS.

Telkomsel juga merupakan penyedia layanan telekomunikasi pertama di Indonesia yang menggunakan AWS Skills Guild, sebuah program pemberdayaan kecakapan yang komprehensif guna membangun keterampilan cloud di seluruh organisasi. AWS dan Telkomsel juga telah mengembangkan

Cloud Center of Excellence (CCOE) untuk karyawan Telkomsel yang mencakup program keterampilan pelatihan digital yang komprehensif.

Pelatihan untuk transformasi cloud perusahaan dijalankan sebagai bagian dari Telkomsel Cloud Academy dan mencakup berbagai materi cloud, termasuk ML dan AI.

Sejak tahun 2021, lebih dari 1.000 peserta telah mengikuti berbagai inisiatif peningkatan kecakapan dan pelatihan ulang AWS, sehingga tim pun dimampukan untuk berkolaborasi sejak tahap awal transformasi digital perusahaan dan langsung berfokus mendorong inovasi alih-alih terpaku mengelola infrastruktur.

Bharat Alva, Direktur IT Telkomsel menambahkan, dengan kekuatan cloud services dari AWS, Telkomsel sedang memodernisasi berbagai aplikasi perusahaan, menciptakan model operasi baru menuju DevSecOps, dan meningkatkan keterampilan sumber daya manusia untuk mendorong transformasi sebagai bagian dari Cloud Center of Excellence.

Conor McNamara, managing director at AWS in ASEAN menuturkan, Telkomsel memanfaatkan cloud untuk berinovasi lebih cepat dalam memberikan pengalaman digital yang unik kepada masing-masing pelanggan di skala mana pun, sekaligus menghemat biaya.

Baca Juga:Peduli Pelanggan Disabilitas 19 GraPARI Telkomsel Ramah Teman Tuli

“AWS percaya bahwa Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pemimpin ekonomi digital, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan organisasi-organisasi inovatif lainnya seperti Telkomsel untuk mewujudkan ambisi ini.”tutur Conor.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU