Selasa, 21 Mei 2024
Selular.ID -

Gunakan AWS, ICS Compute Catat Pertumbuhan 378% dalam Dua Tahun

BACA JUGA

Selular.ID – Konsultan cloud serta integrator sistem cloud ICS Compute mengumumkan perusahaan berhasil meningkatkan pendapatan bisnis sebesar 378% sejak menandatangani perjanjian kolaborasi strategis dengan Amazon Web Services (AWS) pada bulan April 2022 lalu.

Lini bisnis konsultasi ICS Compute untuk lingkup AWS, yang mencakup layanan profesional dan layanan terkelola, bertumbuh sebesar 174% pada periode yang sama.

Kolaborasi strategis antara AWS dan ICS Compute semakin memudahkan akses terhadap sumber daya dan layanan AWS, serta memungkinkan keduanya untuk bersama-sama menjajaki berbagai peluang di pasar dan juga mendorong pertumbuhan bisnis satu sama lainnya.

Ekspansi internasional merupakan pendorong utama pertumbuhan ICS Compute. Terbukti, dalam waktu kurang dari dua tahun, ICS Compute membuka kantor di Singapura dan Jepang.

Di Jepang sendiri, perusahaan fokus mengembangkan solusi kecerdasan artifisial (AI) untuk pelanggan.

Pada akhir tahun 2023, ICS Compute berencana membuka kantor cabang terbarunya di Thailand dalam rangka memperkenalkan layanan profesional dan layanan terkelola miliknya bagi pelanggan-pelanggan setempat.

Menurut prediksi IDC, pasar cloud di Indonesia akan melampaui USD1,3 miliar pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 28% antara tahun 2020-2025.

Untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat akan layanan cloud di Indonesia, ICS Compute berkolaborasi dengan AWS untuk membangun solusi cloud yang canggih dengan menggunakan AI, machine learning, analitik data, dan Internet of Things (IoT).

Salah satu solusi yang dikembangkan ICS Compute adalah solusi Intelligent Document Processing (IDP) dengan menggunakan Amazon Textract, sebuah layanan machine learning (ML) yang secara otomatis mengekstrak teks tertulis, tulisan tangan, serta data lainnya dari dokumen yang dipindai.

Kemudian, ICS Compute juga menggunakan Amazon Comprehend, sebuah layanan pemrosesan bahasa natural (natural language processing/NLP), serta mengembangkan model machine learning fondasionalnya di AWS.

Solusi IDP akan membantu perusahaan maupun lembaga lainnya untuk secara otomatis mengklasifikasikan dokumen dan mengekstrak informasi yang bersifat penting, tanpa memerlukan karyawan untuk menyortir dokumen-dokumen fisik secara manual setiap harinya.

Dalam rangka mempercepat inovasi industri, ICS Compute turut mengembangkan sejumlah solusi yang menjawab kebutuhan pelanggan.

Salah satunya adalah Paket Solusi Analitik Data Khusus Peritel yang menyediakan dasbor berbasis data untuk melacak dan mengelola data penjualan ritel.

Pelanggan ICS Compute dapat mengakses solusi ini melalui AWS Marketplace, sebuah toko software online yang membantu pelanggan untuk menemukan, membeli, dan dapat langsung menggunakan software dan layanan yang tersedia di AWS.

Baca Juga: Program AWS Lift Dukung UKM Indonesia Transformasi Digital

“Perusahaan-perusahaan di Indonesia mengadopsi teknologi AWS terbaru untuk mempercepat transformasi digital serta meningkatkan pengalaman pelanggan mereka,” ujar Budhi Wibawa, Founder ICS Compute.

“Perusahaan-perusahaan ini beralih ke ICS Compute tidak hanya untuk mengadopsi infrastruktur cloud kelas dunia seperti AWS Jakarta Region, tetapi juga untuk menerapkan kemampuan cloud canggih seperti AI. Kolaborasi kami dengan AWS telah membantu kami memenuhi permintaan ini dengan cara meningkatkan keterampilan digital tenaga kerja kami, mengembangkan solusi cloud baru yang membangun kepercayaan pelanggan, dan meningkatkan pertumbuhan ICS Compute melalui ekspansi kantor kami di Singapura dan Jepang, serta kantor baru yang akan segera dibuka di Thailand.”

“Sejak ICS Compute menandatangani Perjanjian Kerja Sama Strategis dengan AWS, kami telah menyaksikan inovasi dan pertumbuhan yang luar biasa bagi mitra kami, bagi para pelanggannya, maupun bagi perekonomian cloud di Indonesia,” ujar Kirsten Gilbertson, Partner Sales Leader, ASEAN, AWS.

“Para mitra kami merupakan penggerak terbesar bagi pelanggan dan perekonomian lokal. Kami akan terus mendukung ICS Compute dan komunitas mitra kami di Indonesia seiring dengan peningkatan kemampuan dan pemanfaatan AI untuk membantu para pelanggan dalam memanfaatkan skalabilitas, kelincahan, dan keamanan cloud,” tutupnya.

Baca Juga: Genggam 34 Persen Pangsa Pasar, AWS Kuasai Layanan Infrastruktur Cloud Global

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU