Kamis, 18 Juli 2024
Selular.ID -

TikTok Hadapi Masalah Hukum di Australia, Simak Penyebabnya

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – TikTok kemungkinan akan menghadapi tindakan hukum di Australia.

Alasan TikTok menghadapi masalah hukum di Australia menyusul kegagalannya menyerahkan dokumen kepada komite Senat yang menyelidiki campur tangan asing melalui media sosial.

Melansir Anadolu Agency, Kamis (20/7/2023), James Paterson, yang menjadi ketua panitia, mengatakan TikTok gagal menjawab pertanyaan panitia dan menyerahkan dokumen yang diperlukan.

“(TikTok) gagal memenuhi tenggat waktu untuk menjawab semua pertanyaan dalam pemberitahuan penyelidikan,” kata Paterson.

TONTON JUGA:

Komite sedang menyelidiki campur tangan asing di Australia melalui media sosial.

Baca juga: Empat Kontroversi TikTok: Dari Konten Negatif, Pelanggaran Privasi, Hingga Tudingan Merugikan UMKM

Sebelumnya, panitia meminta TikTok untuk menjawab 15 pertanyaan terkait proses pengumpulan data aplikasi dan akses insinyur China ke data pengguna Australia, hingga 14 Juli.

“Saya berharap semua saksi dalam penyelidikan segera menjawab pertanyaan yang kami ajukan,” kata Paterson.

“Kami tidak akan ragu untuk mengambil tindakan lebih lanjut, jika perlu, terhadap saksi yang tidak mematuhi keputusan Senat,” sambungnya.

Mereka yang menolak perintah komite Senat akan mendapat tuntutan karena penghinaan dan menghadapi denda atau penjara hingga enam bulan.

April lalu, pemerintah Australia melarang pejabatnya menggunakan TikTok di perangkat masing-masing dan langkah tersebut oleh para pejabat TikTok di Austrilia sebagai hal yang ‘mengecewakan’.

Australia termasuk dalam “Lima Mata”, sebuah aliansi intelijen yang juga mencakup Kanada, Selandia Baru, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

Sebelum Australia, empat negara lainnya telah melarang pejabat pemerintah menggunakan aplikasi tersebut di perangkat resmi mereka.

Baca juga: Menkominfo Budi Arie Setiadi Siap Bahas Polemik TikTok Shop dengan Kemendag

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU