Jumat, 14 Juni 2024
Selular.ID -

Twitter Bakal Rilis DM Terenkripsi Bagi Pelanggan Berbayar

BACA JUGA

Selular.ID – Twitter telah meluncurkan fitur direct messages (DM) ‘Pesan Langsung Terenkripsi’ yang memungkinkan pelanggan Twitter Blue berbayar untuk mengirim pesan terenkripsi end-to-end ke pengguna lain di platform.

Enkripsi end-to-end (E2EE) menggunakan kunci privat dan publik untuk mengenkripsi informasi yang dikirim melalui internet sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat membacanya.

Kunci dekripsi pribadi hanya disimpan di perangkat pengirim dan tidak dibagikan dengan orang lain. Namun, kunci enkripsi publik dibagikan dengan orang lain yang ingin mengirimkan data terenkripsi kepada Anda.

Karena kunci dekripsi pribadi hanya disimpan di perangkat penerima lokal dan tidak pernah disimpan di tempat lain di sepanjang jalan, seperti di server aplikasi perpesanan, bahkan jika seseorang menyadap pesan, mereka tidak akan dapat membacanya tanpa kunci dekripsi.

DM terenkripsi end-to-end di Twitter telah menjadi fitur yang dicari dan diminta secara besar-besaran pada 2018.

Baca Juga:Mengekor Twitter, Gmail Tambah Centang Biru ke Akun Terverifikasi

November lalu, peneliti seluler Jane Manchun Wong memperhatikan bahwa kode sumber Twitter untuk Android mengisyaratkan sedang bekerja untuk menerapkan sistem E2EE, dan Elon Musk mengkonfirmasi kecurigaan tersebut.

Hampir setengah tahun kemudian, Twitter secara resmi mengumumkan ketersediaan fitur pesan terenkripsi pada versi terbaru aplikasi Twitter untuk iOS dan Android dan di platform web.

Berdasarkan perincian dalam pengumuman, yang menyebutkan penggunaan kunci pribadi yang dihasilkan perangkat dan kunci publik yang disediakan secara terpusat, Twitter telah menerapkan skema enkripsi asimetris.

Meskipun tidak ada detail spesifik atau teknis seperti algoritme enkripsi yang digunakan telah diungkapkan, Twitter berjanji untuk membuka implementasi E2EE-nya sebagai sumber terbuka dan menerbitkan whitepaper mendetail nanti pada tahun 2023.

Yang mengecewakan banyak orang, opsi keamanan baru ini hanya akan tersedia bagi pengguna yang membayar lencana “terverifikasi”, dengan kedua peserta percakapan harus berlangganan Twitter Blue atau berafiliasi dengan organisasi terverifikasi agar pesan mereka dienkripsi.

Antarmuka obrolan pada pengguna yang memenuhi syarat kini menawarkan sakelar ‘Pesan Langsung Terenkripsi’ sehingga mereka dapat dengan mudah beralih mode kapan saja.

Pengguna dapat melanjutkan percakapan yang ada dalam mode E2EE dengan memasukkan pertukaran pesan sebelumnya, mengklik ikon informasi, lalu memilih “Mulai pesan terenkripsi.”

Pengguna Twitter “gratis” tidak akan memiliki opsi untuk menggunakan ‘Pesan Langsung Terenkripsi’, yang default ke komunikasi standar yang tidak terenkripsi.

Baca Juga:Twitter Kembalikan Tanda Centang Biru Gratis, Ini Persyaratannya

Twitter juga mencatat bahwa keamanan kunci privat, yang tetap ada di perangkat setiap saat, sangat penting untuk melindungi integritas sistem pesan E2EE yang baru.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU