
Fitur NFC juga tersedia di lebih banyak smartphone entry-level.
Hasilnya, smartphone entry-level dengan NFC tumbuh 11,1% YoY pada Q1 2023.
TECNO Spark 10 yang baru diluncurkan, realme C55, Redmi 12C, Redmi Note 12 dan Samsung Galaxy A14 menambah penghitungan smartphone entry-level dengan NFC.
NFC penting untuk transaksi keuangan, selain untuk membaca kode QR yang sudah populer sejak tahun lalu.
Bulan suci Ramadan juga membantu mencegah penurunan lebih lanjut untuk smartphone kelas menengah ($200-$399) atau di range harga Rp3 juta – Rp6 juta.
Peningkatan pengiriman kelas menengah juga didorong oleh model baru, yang menyumbang 23,8% dari pengiriman kelas menengah pada Q1 2023.
Model kelas menengah baru yang diluncurkan pada Q1 2023 berasal dari Vivo, Samsung, Redmi, Oppo, Realme dan Infinix.
Baca Juga: Top 10 Smartphone dengan Kamera Terbaik 2023: Xiaomi Paling Buncit
Di segmen kelas atas dan premium (llebih dari $400 atau Rp6 juta), Apple memimpin dengan pertumbuhan 17,7% YoY pada Q1 2023, diikuti oleh OPPO, Samsung, dan Asus.
Apple memulai langkah baru pada Q1 2023 untuk meningkatkan pengiriman iPhone.
Pengurangan harga adalah bonus bagi konsumen yang mencari iPhone baru.
Skema tukar tambah dan penawaran cicilan dari peritel juga menarik minat konsumen.
Dan kemitraan baru dengan Blibli untuk menjalankan toko online resmi Apple menambah visibilitas iPhone di pasar.
Baca Juga: Bukan E-Commerce, Ini Top 10 Aplikasi yang Mendominasi Trafik Data Telkomsel
Karena masyarakat Indonesia mulai lebih sering melakukan aktivitas offline daripada selama pembatasan COVID-19, toko smartphone offline juga terkena dampaknya.
Toko-toko mengalami peningkatan pengunjung pada Q1 2023 dibandingkan tahun lalu, kecuali selama musim belanja, seperti pada bulan Desember.
Namun, saluran online memainkan peran yang baik dalam memperkenalkan produk baru dengan skema pre-ordernya.
Masyarakat Indonesia masih lebih memilih smartphone yang harganya terjangkau atau sedang promo harga di masa pemulihan ekonomi ini.
Paket paket untuk produk baru dan promosi harga oleh OEM smartphone dan pengecer selama hari perayaan di Q1 2023, seperti Tahun Baru Imlek dan Ramadan, lebih diapresiasi oleh konsumen.
Baca Juga: Redmi Note 11 Duduki Posisi Buncit Top 10 Smartphone Terlaris April 2022
Smartphone 5G mengambil 17,2% pangsa di Q1 2023.
Mereka terus meningkatkan kehadiran mereka di segmen entry-level, tumbuh 3,6% YoY di Q1 2023.
Pengiriman smartphone entry-level 5G menyumbang 1,3% dari pengiriman entry-level di Q1 2023.
Smartphone 5G mid-range juga tumbuh 8% YoY pada Q1 2023, menyumbang 34,2% dari pengiriman kelas menengah.
Baca Juga: Top 10 Smartphone Terlaris 2022