Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q1-2023: Pengiriman Anjlok, Entry-Level Bersinar

Selular.ID – Pengiriman smartphone di Indonesia menurun 8,1% YoY selama kuarta pertama 2023, menurut Counterpoint Monthly Indonesia Smartphone Tracker.

Penyusutan itu bisa tertahan ketika memasuki bulan Ramadan.

Menurut firma riset pasar Counterpoint, penurunan ditengarai oleh penjualan smartphone menengah hingga premium yang anjlok 25,7% YoY.

Di lain sisi, segmen entry-level tumbuh 2% YoY di Q1-2023.

Menjelang dan selama bulan puasa, brand smartphone meluncurkan banyak model baru yang menyumbang 10,2% dari pengiriman Q1-2023, tumbuh 4,9% YoY di Maret saja.

Mengomentari peningkatan pengiriman selama Ramadan, Senior Analyst Febriman Abdillah mengatakan, “Masyarakat Indonesia memanfaatkan bulan Ramadan untuk meng-upgrade barang atau membeli oleh-oleh, salah satunya smartphone.”

“Sejak peran smartphone berkembang dari sekadar alat bertelepon menjadi perlengkapan wajib sehari-hari, sikap konsumen dalam membeli smartphone telah bergeser ke mencari perangkat yang andal namun ramah kantong,” terangnya.

“Itulah mengapa menghadapi Ramadan di bulan Maret 2023, brand smartphone menambahkan berbagai model baru di berbagai rentang harga, di mana 36,8% merupakan smartphone entry-level baru,” papar Febriman.

Baca Juga: Counterpoint: Top 5 Smartphone Bekas Global 2022

Menurutnya, banyak dari model entry-level baru dilengkapi dengan spesifikasi dasar yang ditingkatkan, seperti RAM 6-8GB, penyimpanan 128GB dan chipset, kamera, dan tampilan yang lebih baik.

Spesifikasi yang ditingkatkan ini dapat menarik konsumen untuk meng-upgrade smartphone lama mereka.

“Beragam promo selama Ramadan juga menggoda konsumen untuk membeli smartphone. Situasi yang sama diperkirakan akan berlanjut di bulan April selama liburan Idul Fitri,” ujarnya.

Pangsa Pasar Pengiriman Smartphone Indonesia, Q1 2022 vs Q1 2023

Sumber: Counterpoint Monthly Indonesia Tracker, 2023

Top 5 vendor smartphone di Indonesia periode Januari-Maret 2023 menurut Counterpoint adalah Oppo (23%), Samsung (18,3%), Vivo (17,4%), Xiaomi (12,5%), dan Realme (11,9%), serta ada Infinix (10,1%) yang membayangi Top 5 di posisi ke-6.

Baca Juga: Top 5 Internet Rumahan Tercepat di Indonesia 2022

Samsung dan Infinix berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan smartphone entry-level (harga kurang dari Rp3 juta).

Samsung memperkuat jejaknya di segmen ini dan tumbuh 18,7% YoY di Q1 2023, sebagian besar didukung oleh seri Galaxy A04.

Infinix memiliki pertumbuhan yang mengesankan sebesar 44,6% YoY.

Daya tarik utama Infinix termasuk RAM/penyimpanan yang lebih besar dari kompetitor, seperti pada seri Infinix Hot 12, Hot 20 dan Note 12.

Baca Juga: Catat 14,2 Juta Pengiriman, Ini Top 5 Vendor Ponsel Lipat Global 2022

Model entry-level baru dengan varian 4-6GB/128GB juga diperkenalkan oleh Samsung, realme, Redmi, dan Tecno pada kuartal ini, dengan pengiriman lebih banyak diamati pada bulan Maret.

Halaman berikutnya

Di segmen premium, Apple memimpin pertumbuhan diikuti oleh Oppo..