Selular.ID – Menurut penelitian Reuters 2022, 39% remaja usia 18-24 tahun lebih memilih media sosial sebagai tempat melihat konten atau mencari berita. Penelitian ini lebih tinggi dibanding pengguna yang mengakses berita lewat web langsung atau aplikasi berita.
Dan menurut penelitian Reuters, 68% masyarakat Indonesia mengakses berita dari media sosial. Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat 210 pengguna internet, 89% membuka media sosial untuk membaca berita.
Pertumbuhan pengguna media sosial terus berkembang secara signifikan tiap tahunnya. Disertai dengan kemunculan media sosial baru seperti TikTok yang dengan cepat mengambil hati anak muda. Sementara Instagram (IG) dan Telegram kian populer bagi mereka yang berusia muda.
Dan di era digital seperti sekarang ini media sosial menjadi platform yang tepat sebagai wadah mengangkat informasi yang ingin disebarluaskan.
Memanfaatkan sosial media seperti Instagram vs TikTok juga dinilai sangat mudah dan tepat sasaran, untuk menyampaikan berita.
Namun, kira-kira platform mana sih yang tepat agar mendapat jangkauan yang lebih luas?
Untuk menyebarkan informasi dan berita tepat ke sasaran harus dilihat prilaku konsumsi berita warga Indonesia terlebih dahulu.
Baca Juga:KALAH SAMA TIKTOK! Instagram berhenti memonitasi kreator!
Berdasarkan pengalaman pribadi dan melihat trend saat ini, Susetyo Dwi Prihadi, Head of Content Sosial Media Uzone menyebutkan jika posisi masing-masing media di Media Sosial memiliki peranannya masing-masing.
Menurut Tyo, untuk Instagram, Twitter dan TikTok merupakan tempat informasi awal, artinya, etalase bagi berita-berita baru karena sifat pengguna ketiga platform ini yang fear of missing out (FOMO)
Kemudian setelah menyortir berita yang menarik, pembaca akan melakukan pencarian lebih detil melalui website atau Youtube.
Lalu Pilih Instagram atau Tiktok?
Dari data statista, rata-rata interaksi Instagram per post turun 25% dari tahun sebelumnya dan pengguna berkurang 6%. Rata-rata orang buka Instagram 2,95 menit.
Sementara TikTok, rata-rata interaksi postingan 17.96% dan pengguna naik 67%, dan pengguna menghabiskan waktu 10,85 menit.
“Namun Instagram adalah media sosial favorit nomor dua setelah WhatsApp. Itulah kenapa mayoritas pengguna TikTok punya akun IG, pengguna IG belum tentu punya akun TikTok,”ujar Tyo.
Menurut Tyo, Instagram dan TikTok saling melengkapi. Bedanya, IG membangun followers/pembaca berkualitas. Sementara TikTtok menjangkau pembaca baru.
Halaman Selanjutnya..
Keunggulan dan kekurangan Instagram dan TikTok