Jumat, 21 Juni 2024

AWS Perkenalkan Solusi Cloud Terbaru

BACA JUGA

Selular.ID – Amazon Web Services (AWS) hari ini menggelar ajang Indonesia Industry Solution Day 2023. Mengambil tema “Akselerasi Bisnis Melalui Inovasi Digital”.

Di event kali ini, AWS memberikan paparan bagaimana teknologi cloud dapat mentransformasi para pelaku industri media dan hiburan.

Seperti yang diketahui selama pandemi melanda beberapa tahun belakangan ini, Konsumsi video telah berubah secara radikal.

Popularitas layanan streaming video terus meningkat dengan lebih dari 400 juta orang kini menggunakan layanan streaming video over-the-top (OTT) di wilayah tersebut.

Netflix kini memiliki 230 juta subscriber dan tercatat sebagai pertumbuhan tertinggi di wilayah APAC, sementara Disney+ berhasil melampaui pencapaian 100 juta pelanggan dalam 16 bulan setelah peluncurannya.

Dijelaskan oleh Shweta Jain selaku AWS APAC Head of Business Development, Media and Entertainment mengatakan bahwa seiring dengan melonjaknya pertumbuhan konsumsi OTT,

Permintaan konsumen akan layanan terpersonalisasi mendorong organisasi bisnis untuk mencari cara baru guna menghadirkan pengalaman video interaktif yang lebih kaya.

Baca Juga: Menelisik Langkah Agresif Amazon Web Service Kuasai Pasar Data Center di Asia Tenggara

Video interaktif memungkinkan pertukaran dua arah dengan pemirsa melalui penawaran seperti tampilan properti 360, obrolan pengguna langsung, dan sistem peringkat.

“Saat ini pelanggan media dan hiburan tengah menghadapi transformasi yang terjadi di seluruh industri, dan banyak perusahaan menanggapinya dengan merumuskan kembali cara mereka membuat konten, mengoptimalkan rantai pasokan media, dan bersaing untuk mendapatkan perhatian audiens di seluruh platform streaming, siaran, dan direct to consumer (D2C) atau langsung ke konsumen,” ungkap Shweta.

Untuk membantu pelaku industri Media dan Hiburan, AWS menyelaraskan kapabilitas cloud yang paling sesuai dengan tujuan bisnis media dan hiburan dengan lima area solusi untuk membantu pelanggan di sektor ini mentransformasi industri: Produksi Konten; Rantai & Arsip Pasokan Media; Siaran; D2C & Streaming; dan Ilmu Data & Analitik.

AWS menghadirkan pengalaman selama 15 tahun dalam mendukung transformasi untuk pelanggan terkemuka dari industri media dan hiburan.

Sebut saja contoh seperti Comcast, Discovery Inc., Disney, FORMULA 1, FOX, HBO Max, Hulu, Method Studios, MGM, The National Football League, Netflix, Nikkei, Peacock, Sky, TF1, Untold Studios, ViacomCBS, dan Weta Digital.

Untuk membantu para pelaku industri media dan hiburan di Indonesia untuk menyajikan konten video interaktif yang kaya dan menarik dengan latensi yang lebih rendah.

AWS telah menghadirkan Points of Presence (PoPs) Amazon Interactive Video Service (Amazon IVS) di Jakarta.

Amazon IVS adalah layanan terkelola penuh yang memudahkan penyiapan streaming video langsung dan interaktif pada aplikasi web atau seluler hanya dalam beberapa menit.

Ini berfungsi untuk menerima dan mengirimkan siaran video melalui infrastruktur edge lokal yang dioptimalkan untuk penyerapan, pemrosesan, dan pengiriman video langsung, PoP Amazon IVS memungkinkan pengguna akhir menikmati keuntungan dari latensi yang bisa ditekan hingga kurang dari tiga detik.

Gunanya bagi pelanggan ialah Pelanggan dapat dengan mudah mengonfigurasi dan melakukan streaming video langsung melalui situs web atau aplikasi seluler mereka sendiri.

Bahkan dengan peningkatan jumlah pengiriman yang memungkinkan video ditonton oleh jutaan pemirsa secara serentak di seluruh dunia.

Dengan SDK dan API Amazon IVS, pelanggan juga dapat membuat fitur interaktif ke dalam streaming langsung mereka seperti ruang obrolan virtual, pemungutan suara dan jajak pendapat, sesi tanya jawab yang dimoderasi, dan elemen promosi yang disinkronkan.

Baca juga : Peta Grab Kini Tersedia bagi Pelanggan AWS melalui Amazon Location Service

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU