3 Pilar Utama Serta Strategi Facebook Saat Ini

Selular.ID – Facebook kali ini mengumumkan tiga pilar utama atau prioritas strategi untuk pengguna di Indonesia.

Pemanfaatan adanya internet dan teknologi membuat perilaku berubah, itu sudah pasti, dari yang awalnya cuma bisa mencari sekedar tau di google sekarang ini bisa menjadi pundi-pundi pendapatan.

Pengguna berubah, sekarang ini dapat dikatakan sebagai generasi visual, saat ini juga dalam pemikiran harus berpikir layaknya kreator, melek trends misal lagi ramadhan brrti berbau ramadhan itu cocok untuk buat konten yg sesuai.

Dengan begitu Meta kali ini mengundang para awak media untuk berdiskusi bagaimana Facebook untuk saat ini dan kedepannya.

Pieter Lydian selaku Country Managing Director untuk Meta Indonesia mengumumkan ada 3 strategi prioritas Facebook untuk pengguna di Indonesia.

Yakni diantaranya, 1) Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), 2) Kreator, dan 3) Messaging atau layanan pesanan.

Baca juga : Centang Biru Facebook dan Instagram Mulai Tersedia di AS

Diartikan pada saat ini ialah Facebook melihat dan memantau betul tren yang sedang berkembang saat ini khusus nya di platform Meta.

Ia juga melihat ada pertumbuhan yang positif di Indonesia, dengan menunjukan perubahan dari preferensi pengguna Facebook dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) yang kian marak saat ini bukan berarti Meta baru nyemplung dan ikut-ikutan, perlu diketahui Meta sebenarnya sudah memanfaatkan AI ini sudah lama.

Contoh saja seperti filter-filter unik yang ada di Facebook maupun Instagram itu adalah bentuk adopsi teknologi AI.

Nah untuk pemanfaatan AI saat ini oleh Facebook ialah dengan kapabilitas AI yang semakin canggih dan terpercaya, Facebook jadi dapat memahami preferensi pengguna dan memberikan konten yang lebih personal dan spesifik.

Contoh lagi misalnya anda masuk kedalam grup pencinta kucing, maka algoritma yang diberikan oleh sistem itu seluruh konten yang ada di Facebook anda akan banyak menampilkan konten kucing, itu juga salah satu bantuan dari teknologi AI.

Lalu Kreator, Facebook akan terus meluncurkan berbagai fitur untuk membantu kreator. Salah satu fitur yng baru diluncurkan di Indonesia ialah Mode Profesional Untuk Profil.

Yang bertujuan untuk mengintegrasikan akses terhadap fitur-fitur kreator yang lebih profesional dan membuka peluang untuk monetisasi.

Lalu bukan hanya itu, Fitur Cross-sharing yang memungkinkan kreator untuk membagi konten secara langsung dari Instagram ke Facebook.

Sudah pasti gunanya untuk menjangkau lebih banyak lagi audience, jadi tidak hanya terpaku pada satu platform.

Fokus yang terakhir itu messaging, maksudnya ialah memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna. Dengan memberikan kemudahan untuk membagikan apa yang mereka temukan di Facebook melalui pesan kapan saja dimana saja.

Pasalnya percakapan via layanan pesan ini adalah cara yang paling ampuh untuk terhubung dan membagikan apa saja di Facebook.

Karena saat ini sudah lebih dari 140 miliar pesan di seluruh dunia dikirim lewat aplikasi-aplikasi Meta setiap harinya.

Jadi menandakan bahwa interaksi yang terjadi samgat banyak dan itu harus di manfaatkan lebih untuk misalnya kembangkan bisnis dari para pengguna.

Baca juga : Tak Hanya GOTO, Meta Induk Facebook PHK 10.000 Karyawan