Jumat, 19 April 2024
Selular.ID -

BI Lapor Nilai Transaksi Digital Banking Raih Rp 4.900 Triliun Di Januari 2023

BACA JUGA

Selular.ID – Bank Indonesia (BI) melaporkan transaksi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia berkembang dengan pesat, sehingga dapat mendorong kegitan ekonomi di indonesia.

Tercatat, nilai transaksi digital banking meningkat 27,96 persen secara year on year (yoy) menjadi Rp 4.900,6 triliun pada Januari 2023.

“Perkembangan ini ditopang oleh semakin luasnya ekonomi digital dan mudahnya sistem pembayaran digital, serta pesatnya digital banking,” Ujar Gubernur BI Perry Warjiyo yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Tips Aman Dan Nyaman Bertransaksi Saat Menggunakan E-Banking

Nilai transaksi uang elektronik (UE) pada Januari 2023 mencapai Rp 36,57 triliun. Angka ini tumbuh secara signifikan sebesar 26,08 persen secara yoy.

Lalu, nilai transaksi pembayaran menggunakan kartu ATM, kartu debet, dan kartu kredit naik 5,42 persen menjadi sebesar Rp 689,09 triliun.

Hal lain, jumlah Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) mencapai Rp930,05 triliun pada Januari 2023. Angka ini meningkat menjadi 5,07 persen secara yoy.

Bank Indonesia juga memastikan ketersediaan uang Rupiah dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Laporan Nilai Transaksi Digital Banking di 2022 Menguat

Perry menambahkan, BI akan terus menjaga stabilitas dan meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran cross border melalui penguatan kebijakan dan akselerasi digitalisasi sistem pembayaran.

“Ini untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi,” Ujar dia.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU