Sebulan Hadir di Indonesia, Apa Kabar iQoo?

Sebulan Hadir di Indonesia, Apa Kabar iQoo?
Sebulan Hadir di Indonesia, Apa Kabar iQoo?

Selular.ID – Seperti diktahui, Desember 2022 menjadi debut smartphone iQoo di Indonesia dengan membawa flagship iQoo 11. Kendati sudah sebulan hadir di Indonesia, namun sebagai submerek Vivo kehadiran iQoo tak langsung mencuri pehatian, Berbeda halnya dengan pesaingnya yang langsung bersaing.

Dari penelusuran Selular di pusat penjualan ITC Roxy Mas Jakarta Pusat, kehadiran brand baru ini belum diketahui sejumlah pedagang.

“iQoo itu brand baru atau brand lama yang mengubah nama?, baru dengar harganya mahal ya? Kalau masuk segmen premium umumnya sih bakal bersaing dengan brand yang sudah lebih dulu,”ujar Udin, Manager Chans Celullar ITC Roxy Mas Jakarta (20/01/22)

Udin yang sudah puluhan tahun berjualan di Roxy Mas hingga saat ini belum mengetahui seri iQoo yang sudah meluncur, karena dari daftar harga juga obrolan antar pedagang tak pernah membahas keberadaan iQoo hingga saat ini.

Salah satu karyawan Prima Cell ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat Budi pun mengamini namun menurutnya jika hanya dijual online adalah wajar jika keberadaa iQoo belum banyak diketahui.

Baca Juga:Smartphone Vivo Dan IQOO Punya Performa Ngebut Ketimbang Yang Lain

“Kalau jualanya online hal yang wajar jika di sini belum banyak yang paham. Tetapi hampir semua toko di Roxy juga berjualan online, tapi saya belum tahu,”ujar Budi.

Senada dengan keduanya, Dina pemilik Global Cell Roxy Square, Jakarta Pusat berpendapat, menurut Dina, kalau memang iQoo adalah sub brand Vivo semestinya nama iQoo bisa langsung terdengar, juga sudah sebulan hadir di Indonesia.

“Mungkin karena Rp10 jutaan dan masuk segmen premium bisa saja model pemasarannya berbeda dengan seri lainnya, karena umumnya seri premium dijual esklusif itu menurut saya,” tutur Dina.

Selular pun coba menanyakan ke Lucky Sebastian, Pengamat Gadget dan Pendiri komunitas ID-Android dan Gadtorade, mengenai kiprah iQoo di Indonesia bagaimana kans iQoo bertarung di pasar Indonesia, namun hingga tulisan ini dipublis, Lucky belum memberikan komentar dan merespon pesan Selular.

Coba membaca peluang iQoo
Namun jika melihat peluang iQoo di Indonesia yang langsung masuk di segmen premium dengan kehadiran iQoo 11 dibanderol dengan harga Rp10.999.000 di partner e-commerce resmi iQoo tentunya Langkah berani.

Mengingat di Indonesia segmen menengah (mid-range), dan entry level yang banyak digemari karena harga terjangkau.

Sebagai informasi, segmentasi pasar entry-level ditujukan untuk target pasar yang memiliki budget terbatas dengan harga Rp2 juta ke bawah.

Sedangkan pasar mid-range untuk ponsel dengan kisaran Rp2—4 juta. “Low [entry] dan mid range sebenarnya adalah pasar yang luas dan tetap berkembang permintaannya.

Berdasarkan data 2021 dikutip dari berbagai sumber untuk pangsa pasar kedua segmen ini kontribusinya terhadap vendor, midrange bisa [berkontribusi] sekitar 40%, low-range bisa hingga 90%,

Sehingga pengamat menyebutkan strategi yang dipilih setiap vendor untuk masuk di kedua segmen merupakan pilihan yang tepat.

Kendati masih menjadi bagian dari Vivo, mereka memilih untuk jalan independen di pasar Indonesia. hal tersebut diungkapkan pihakk iQoo beberapa waktu lalu saat peluncuran.

Yang membedakan dengan Vivo, mereka lebih fokus pada lifestyle. Sementara iQoo lebih ke performance yang merambah market premium. Ponsel tersebut hanya akan dijual secara online lewat mitra ecommerce yang tekah ditunjuk. After sales iQoo akan didukung oleh Vivo Center.

Berbeda dengan di negara lain yang mempunyai dua model termasuk iQoo 11 Pro, di Indonesia perusahaan hanya memboyong satu model reguler iQoo 11 saja.

Baca Juga:iQoo 11 Mulai Edar Luas di Online, Usung Layar 2K E6 AMOLED 144 Hz dan 120W

Robiat Fahlevie, Head of Marketing iQOO Indonesia menuturkan, iQoo 11 sudah didukung Dual Flagship-Chip dari Snapdragon 8 Gen 2 dan V2 Chip, teknologi layar E6 AMOLED 144 Hz, dan fitur In-Display Dual Monster Touch.

Berbarengan dengan peluncuran global, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menghadirkan ponsel terbaru perusahaan.