Google Siapkan Upgrade Fitur Bluetooth

Google Siapkan Upgrade Fitur Bluetooth
Google Siapkan Upgrade Fitur Bluetooth

Selular.ID – Google tengah mempersiapkan fitur terbaru yang akan memperbarui teknologi Bluetooth, hal ini dilakukan agar tetap bisa bersaing dengan teknologi yang lebih baru.

Bluetooth Distance Measurement API yang baru, fitur ini pertama kali disinggung oleh Mishaal Rahman dari Esper melalui akun twitternya.

Google mulai menambahkan kode yang sama ke AOSP. Fitur Bluetooth yang akan datang ini tidak diekspektasikan untuk sangat akurat terkait pengukuran jaraknya.

Fitur ini diharapkan dapat membuat pengguna mengetahui apakah ponsel berjarak lebih atau kurang dari 1 meter dari perangkat Bluetooth yang terhubung.

Bluetooth RSSI atau Received Signal Strength Indicator akan memberi daya pada API terbaru. Fitur ini akan membantu perangkat Android menghitung jarak antara ponsel mereka dan perangkat yang terhubung.

Baca Juga:Earphone Bluetooth Soundcore R500, Ada Fitur Fast Chargingnya!

Teknologi ini mungkin tidak selalu dapat menunjukan arah yang tepat untuk posisi ponsel namun membantu memberi tahu pengguna saat mereka semakin dekat.

Perlu dicatat, fitur ini tidak akan berfungsi seperti Apple AirTags yang mengarahkan pengguna ke arah yang benar dari aksesori Bluetooth yang hilang.

Pengukuran Jarak Bluetooth hanya akan memberi tahu jika pengguna semakin dekat atau tidak dengan perangkat.

Fitur bluetooth ini diperkirakan belum akan hadir di Android 13 Tiramisu. Artinya, Google dapat mulai menguji fungsi ini dengan Android 14.

Namun, hingga saat itu, teknologi ini dikabarkan akan berperan dalam penggunaan Active Unlock API Android.

Seperti diketahui Bluetooth telah menjadi teknologi penting untuk berbagai perangkat teknologi mulai dari earbud TWS, smart watch, dan lain-lain.

Baca Juga:Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian Google Di Laptop

Namun, ada beberapa kekurangan dari teknologi ini, terutama terkait data lokasi. Sehingga Google perlu memperbaruinya.