Kamis, 18 April 2024
Selular.ID -

Belum Sediakan eSIM, Telkomsel Masih Mengkaji

BACA JUGA

Selular.ID – Sejak dua tahun lalu, pelanggan telekomunikasi sudah bisa menikmati layanan operator tanpa harus memiliki SIM card.

Dengan menggunakan SIM digital berstandar industri atau eSIM, pelanggan bisa mengaktifkan paket seluler dari operator tanpa harus menggunakan SIM fisik.

Smartfren adalah operator pertama di Indonesia yang memperkenalkan teknologi eSIM pada akhir 2020.

Selang dua tahun, Indosat menyusul Smartfren untuk mengadopsi perkembangan teknologi terbaru eSIM.

Telkomsel dan XL Axiata Kapan?

Baca Juga: Apple Akan Gunakan E-Sim Untuk Generasi iPhone selanjutnya?

Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel, mengatakan Telkomsel saat ini belum menyediakan layanan eSIM.

Kepada Selular.ID, Saki mengaku bahwa perusahaannya tengah mengkaji implementasi teknologi eSIM.

Menurutnya, pengadopsian teknologi baru harus dibarengiu dengan kesiapan ekosistem industri.

“Telkomsel saat ini terus melakukan review atas implementasi teknologi eSIM, terutama dalam memastikan kesiapan ekosistem industri untuk mengadopsi perkembangan teknologi terbaru ini,” tulis Saki dalam pesan singkat yang diterima Selular.ID (17/1/2023).

Tukar Telkomsel Poin dengan Pohon Melalui Carbon Offset
Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono berharap Program Carbon Offset yang dihadirkan Telkomsel dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan demi terjaganya keberlangsungan masa depan bumi dan generasi selanjutnya.

Saki juga menegaskan bahwa Telkomsel akan selalu menaati regulasi yang ada.

“Dalam perkembangan eSIM di Indonesia, Telkomsel juga akan mentaati regulasi atau kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah nantinya,” ungkapnya.

Baca Juga: 3G Sudah Dimatikan, IOH Kedepannya Juga Akan Fokus e-SIM

Akhir tahun 2022, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menjadi operator seluler kedua setelah Smartfren yang merilis produk eSIM (SIM Digital) di Indonesia.

Sementara operator biru XL Axiata juga belum menyediakan layanan eSIM.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Retno Wulan menuturkan pihaknya juga sedang mengkaji penerapan teknologi eSIM.

Secara jaringan, dia menyebut XL Axiata telah siap untuk implementasi eSIM. Bahkan, secara internal sejumlah karyawan XL telah menggunakan layanan tersebut.

“Akan tetapi, sebelum layanan eSIM diluncurkan, kami perlu memastikan pengalaman konsumen tetap terjaga dengan baik sehingga kami masih mengkaji penerapan teknologi eSIM dan memastikan kesiapan ekosistem industri untuk mengadopsi teknologi terbaru ini,” pungkasnya.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU