Selular Editor’s Choice: Best True Wireless Stereo 2022

Selular.ID – Tidak hanya smartphone yang hadir di Editor’s Choice tahun ini, kali ini perangkat yang banyak digandrungi masyarakat yakni True Wireless Stereo (TWS) juga akan unjuk gigi menjadi yang terbaik.

Setiap hari rata-rata orang diluar sana banyak yang menggunakan salah satu perangkat IoT ini, karena desain yang ringkas tanpa adanya kabel mungkin menjadi alasan orang banyak yang menggunakan.

Bukan hanya itu saja pemakaiannya juga cukup ringkas karena hanya membutuhkan koneksi via Bluetooth dari masing-masing perangkat baik smartphone, tablet, laptop, maupun PC.

Menjadikan juga perangkat TWS sangat mendukung aktivitas keseharian dari pada pengguna, selain untuk mendengarkan music, juga bisa untuk keperluan meeting online, menonton film, ataupun dibawa pada saat menemani jogging.

Tidak jarang juga, brand-brand smartphone yang sekaligus mengeluarkan produk IoT-nya juga salah satunya TWS ini.

Untuk itu tim Redaksi Selular kali ini telah merangkum serta mendapatkan 5 merk TWS yang terbaik dan tertuang kedalam kategori Best True Wireless Stereo di Selular Editor’s Choice 2022. Diantaranya :

  • Samsung Galaxy Buds 2 Pro
  • OPPO Enco Buds 2
  • realme Buds T100
  • POCO Buds Pro
  • Huawei Freebuds Pro 2

Untuk mengetahui lebih detail mengenai spesifikasi dan keunggulan yang ditawarkan pada kelima TWS tersebut, berikut adalah penjelasannya.

Samsung Galaxy Buds 2 Pro

Nominasi yang pertama itu dari brand asal Korea Selatan, bukan hanya smartphone Samsung juga hadirkan TWS andalannya ditahun ini, yakni Samsung Galaxy Buds 2 Pro.

Earphone nirkabel ini dilengkapi dengan berbagai macam keunggulan, pertama itu TWS ini mempunyai keunggulan dari adanya speaker 2 arah yaitu Woofer & Tweeter.

Audio yang dihasilkan jernih dan jelas karena adanya dukungan audio 24-bit Hi-Fi. Selain itu juga dilengkapi denga fitur Inovatif seperti Active Noise Cancellation (ANC) untuk meredam suara dari luar.

Untuk mendukung segala aktivitas, apalagi jika digunakan untuk aktivitas outdoor, TWS Samsung Galaxy Buds 2 Pro ini sudah memiliki sertifikasi IPX7 yang mana mampu memberikan perlindungan dari cipratan air dan keringat.

Pada masalah daya pemakaian, TWS ini akan kuat pemakaian sampai 18jam apabila ANC dalam kondisi menyala, dan bahkan bisa mencapai 29 jam apabila ANC sedang tidak menyala.

Yang terpenting dari setiap TWS ialah masalah konektivitas, untuk Samsung Galaxy Buds 2 Pro ini sudah dibekali dengan konektivitas Bluetooth 5.3.

Untuk masalah harganya, TWS dari Samsung ini dijual di pasar Indonesia dengan harga Rp 2.799.000.

OPPO Enco Buds 2

Lagi-lagi TWS yang mempunyai nama dengan serial angka 2, yang ini menandakan generasi kedua dari TWS ini.

Namun kali ini bukan dari brand yang sama, namun dari brand OPPO dengan produk TWS andalan terbarunya yaitu OPPO Enco Buds 2.

OPPO Enco Buds 2 memiliki desain case yang unik oval menjadikan sangat cocok bila dipakai semua kalangan.

TWS ini juga tidak mau kalah karena juga telah menyematkan fitur terbaik yaitu AI Deep Noise Cancellation yang bisa sangat fokus mendengarkan suara dari earphone pada saat menerima panggilan telepon.

Serta itu tidak perlu khawatir juga untuk pemakaian olahraga, karena OPPO Enco Buds 2 juga telah memiliki sertifikasi IPX4 yang menjadikannya tahan dari panas, air, dan debu.

OPPO Enco Buds 2 memiliki kapasitas baterai 40mAh disetiap masing-masing earbudsnya. Sementara baterai charging casenya mempunyai kapasitas 460mAh.

Dari situ OPPO mengklaim bahwa TWS nya ini memiliki ketahanan daya mampu bertahan 7jam untuk memutar music atau hingga 28 jam dengan casingnya.

Adapun untuk waktu pengisian dayanya membutuhkan waktu selama 90menit untuk pengisian earbudsnya saja, atau 200 menit untuk pengisian bersama dengan charging case.

Serta yang membuatnya semakin canggih dari penggunaan port chargingnya yang sudah menggunakan port USB Type C. dan untuk masalah konektivitas TWS ini sudah menggunakan Bluetooth 5.2

Untuk harga yang ditawarkan TWS ini cukup terjangkau hanya Rp 399.000, meskipun harga yang terbilang murah tapi tidak kalah dengan pesaing atasnya.

realme Buds T100

Selanjutnya dari TWS yang bisa dibilang baru hadir di pasar Indonesia, hadir waktu itu bersamaan dengan smartphone entry levelnya yaitu realme C33.

realme Buds T100 ini diadopsi dari konsep desain Two Tone Hit Color, yang mana TWS milik realme ini memiliki kesan yang fleksibel dan dinamis.

Menariknya, untuk harga yang ditawarkan realme pada produk IoT-nya ini lebih murah lagi ketimbang dua produk diatas yaitu hanya Rp 200 ribuan.

Untuk masalah suara yang dihasilkan dari audionya sudah memiliki kualitas yang juga mumpuni yaitu AAC, yang merupakan algoritma penandaian rasio kompresi tinggi dengan high fidelity dan dapat memberikan pengalaman mendengar yang baik.

Apabila anda seorang gamers juga tidak usah diragukan lagi, di realme Buds T100 ini sudah memiliki fitur mode gaming. Untuk latensi yang dihasilkan juga hanya 88ms.

Untuk masalah konektivitasnya realme Buds T100 telah hadir sama dengan TWS dengan harga Rp 2jutaan yaitu telah dibekali dengan konektivitas Bluetooth 5.3 yang menjadikannya cepat terkoneksi di perangkat.

Lain itu tidak mau kalah juga sama TWS dengan harga diatasnya, karena realme Buds T100 sudah disematkan pula teknologi AI ENC Noise Cancellation, jadinya selamat tinggal untuk suara bising dari luar.

Untuk pemakaiannya baterainya pun cukup awet, serta TWS ini juga telah didukung pengisian daya cepat, jadi pengisian daya 10 menit saja sudah bisa digunakan sampai 2jam.

Untuk ketahanannya juga sudah ada, yaitu dengan sertifikasi IPX5 menjadikannya realme Buds T100 tetap kokoh meskipun kena cipratan air.

POCO Buds Pro

Selanjutnya TWS milik subbrand dari Xiaomi, POCO bukan hanya dikenal menghadirkan smartphone dengan performa tinggi namun dengan harga yang murah.

Tapi juga POCO menghadirkan produk IoT yang tidak kalah kerennya, yaitu POCO Buds Pro. Yang menambah terlihat keren, TWS ini bekerja sama dengan salah satu game mobile populer yaitu Genshin Impact.

Dengan harga Rp 1.499 juta menghadirkan balutan warna merah dari desainnya yang terlihat sangat amat keren, tetapi bagaimana untuk spesifikasi dalamnya?

POCO Buds Pro ini mempunyai konektivitas Bluetooth 5.2, bisa dikatakan masih kalah unggul dengan TWS brand lain yang sudah memiliki konektivitas Bluetooth diatasnya.

Namun pada TWS milik POCO ini telah menyediakan dua mode canggih, yaitu peredam kebisingan dan transparansi. Untuk mengaktifkannya pun sangat mudah cukup menekan salah satu earbuds dengan waktu sedikit lama.

Tidak ketinggalan juga pada TWS mmilik POCO ini juga sudah disematkannya fitur teknologi Noise Cancellation, yang juga mampu meredam kebisingan diluar hingga 35dB.

Namun pada bagian chargernya sudah dibekali dengan lubang charger USB Type C. menjadikannya terlihat sangat canggih.

Bukan hanya itu saja, POCO Buds Pro sudah mendukung pengisian daya cepat, cukup isi daya selama 10 menit bisa digunakan selama 3 jam.

Atau isi daya secara nirkabel dengan pengisian daya Qi, dalam hitungan menit saja daya baterai akan kembali  terisi cepat.

Untuk ketahanannya POCO Buds Pro ini sudah mempunyai juga sertifikasi IPX4 yang mana tahan dari percikan dan tahan air untuk perlindungan yang optimal, baik dari percikan air, keringat, bahkan air hujan sekalipun.

Huawei FreeBuds Pro 2

Yang terakhir dari brand Huawei yang juga tidak mau kalah dengan brand lain untuk menghadirkan TWS andalannya yaitu Huawei FreeBuds Pro 2.

Langsung saja pada bagian teknologi yang disematkan, Huawei telah membekali TWS ini dengan segudang teknologi untuk kualitas audionya.

Diantaranya ada digital cross-over, triple adaptive EQ, Active Noise Cancellation, Call Noise Cancellation, dan transparency mode.

Untuk masalah konektivitasnya, Huawei mempercayakan kepada konektivitas Bluetooth 5.2, TWS diharga Rp 2.799 juta ini sebenarnya sudah bisa menyematkan lebih dari itu.

Tetapi tidak usah khawatir karena dari konektivitas Bluetooth di TWS ini juga sudah mendukung dengan dua perangkat bersamaan, yang mana pada perangkat smartphonenya harus tersedia dengan OS EMUI10 keatas.

Lanjut kali ini membahas kapasitas baterainya yakni untuk bagian earbudsnya saja mempunyai kapasitas baterai 55mAh sedangkan pada charging casenya sudah mempunyai kapasitas baterai 580mAh.

Huawei mengklaim bahwa penggunaanya ini bisa dipakai selama 6,5 jam untuk pemakaian apabila ANC mati dan 4 jam pemakaian apabila fitur ANC ini aktif.

Selain itu juga diklaim dapat tahan selama 30 jam digunakan bersama dengan charging case apabila ANC off, serta 18 jam pemakaian dengan charging case apabila ANC sedang aktif.

Sudah mumpuni memang ditambah dengan port pengisian baterai yang telah menggunakan USB Type C serta mendukung juga pengisian daya tanpa kabel menggunakan Qi standart 2W.

Yang terpenting tidak ketinggalan yaitu masalah ketahanan, TWS Huawei FreeBuds Pro 2 ini juga sudah telah memiliki sertifikasi IP54.

Namun pada website resmi dari Huawei FreeBuds Pro 2 menjelaskan bahwa Produk ini bukan perangkat tahan air profesional, tetapi tahan percikan selama penggunaan normal.

Ini juga telah diuji untuk mencapai tingkat IP54 di laboratorium dalam kondisi yang terkendali. Ketahanan percikan tidak permanen, dan dkatakan juga perlindungan ini dapat berkurang seiring pemakaian sehari-hari.

Itulah 5 brand TWS yang masuk kedalam kategori Best True Wireless Stereo 2022 dalam Selular Editor’s Choice 2022 kali ini.

Dan untuk pemenang dari Selular Editor’s Choice 2022 dalam kategori Best True Wireless Stereo 2022 kali ini jatuh kepada.

PEMENANG SELULAR EDITOR’S CHOICE : BEST TRUE WIRELESS STEREO 2022

Best True Wireless Stereo 2022Realme Buds T100

TWS terbaru milik realme Buds T100 ini mempunyai harga yang sangat amat terjangkau tetapi untuk kualitas dan fitur yang diberikannya tidak kalah dengan TWS yang harga jutaan.

Baca juga : Selular Editor’s Choice 2022