Selular Editor’s Choice: Best Tablet, Unggul Disegala Sisi

best tablet

Selular.ID – Belakangan ini marak brand smartphone juga merambah dengan menghadirkan tablet, menariknya dari segi spesifikasi dan juga harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda, dan bisa menjadi best tablet entry level di tahun ini.

Menarik sekali melihat persaingan pasar di Indonesia yang begitu ketat, di penghujung quartal tahun 2022 ini.

Apalagi sifat dari sebuah tablet itu merupakan perangkat yang bisa dibawa kemana saja dan mendukung aktivitas apa saja.

Seperti halnya pengguna yang ingin punya layar yang lebih besar dari perangkat smartphone, atau perangkat yang ingin dibawa kemana-mana namun mempunyai bobot lebih enteng dari perangkat laptop, perangkat tablet lah solusinya.

Karena sejatinya tablet ini bisa menemani apa aja sesuai dengan kebutuhan aktivitas. Bisa menjadi perangkat untuk bekerja, sarana hiburan menonton film, atau malah untuk bermain game, tablet bisa digunakan disegala kondisi.

Maka dari itu menarik rasanya bagi redaksi Selular merangkum sebuah tablet yang sangat cocok untuk penunjang aktivitas harian ditambah juga soal harga yang tidak membuat kantong bolong.

Ada 4 tablet yang sudah dirangkum, itu semua tertuang kedalam kategori Best Tablet di Selular Editor’s Choice 2022 kali ini. Diantaranya:

– Huawei Matepad SE
– realme Pad Mini
– Redmi Pad
– Nokia T21

Sebelum menentukan siapa yang lebih unggul dari keempat tablet tersebut, maka dari itu mari simak keunggulan dari masing-masing jajaran tablet tersebut.

Huawei Matepad SE

Yang pertama dari tablet yang baru saja keluar pada awal bulan November lalu, Huawei Matepad SE.

Tablet ini diklaim sangat ramah untuk keluarga, karena memang tablet ini bisa digunakan disegala usia.

Maksudnya bisa digunakan oleh anak-anak yang membutuhkan konten hiburan, serta untuk orang tua dalam menunjang kebutuhan kerja.

Karena di Huawei Matepad SE ini mempunyai fitur Kids Corner, yang mana orang tua dapat memberikan kontrol lebih terhadap anak untuk memberikan akses hiburan yang sesuai dengan usia anak.

Di tablet ini terlihat premium karena menggunakan sistem operasi miliknya sendiri yaitu Harmony OS 3.0 terbaru dan juga menggunakan market app nya sendiri yakni AppGalery.

Untuk kualitas layarnya Huawei Matepad SE ini hadir dengan resolusi 2K dan juga memiliki sertifikasi ganda yakni TUV Rheinland Low Blue Light dan TUV Rheinland Flicker Free.

Huawei Matepad SE ini juga telah diprakarsai oleh chipset dari Snapdragon 680. Yang mana juha tablet ini sudah mampu membuka Multi-window hingga 3 aplikasi secara bersamaan. Menjadikannya pengguna lebih multitasking.

Untuk masalah ruang penyimpanannya, Huawei Matepad SE ini tersedia dalam dua varian memori, diantaranya RAM 4GB + 64GB ROM dan varian RAM 3GB + 32GB ROM.

untuk harganya hanya berbeda Rp 200 ribuan. Varian RAM teratas dijual Rp 2.799.000 sedangkan varian terendah ada di harga Rp 2.599.000.

Baca juga : Tablet Ramah Keluarga, Huawei MatePad SE Hadir Dibanderol Murah

Realme Pad Mini

Selanjutnya dari brand realme yang juga tidak hanya memproduksi smartphine namun juga memperkenalkan tablet nya ini pada pertengahan bulan Agustus kemarin.

Tablet realme Pad Mini mempunyai desain sesuai dengan namanya “mini” karena mempunyai diameter PxL : 211.8mm X 124.48mm lebih tepatnya ukuran layar tablet ini hanya 8,7 inch.

Untuk bobotnya juga cukup enteng yaitu sebesar 327g, dengan ketebalan yang di klaim paling slim karena hanya 7.6mm.

Selain desain yang mini, yang membuat tablet ini terasa premium karena dibalut dengan material body Aluminium Alloy.

Untuk mendukung penggunaan sehari-hari tablet realme Pad Mini mempunyai kapasitas baterai 6400mAh serta sudah mendukung 18W Quick Charge.

Pada masalah dapur pacunya, tablet ini masih menggunakan processor Unisoc T616.

Serta untuk varian ruang penyimpanannya juga mempunyai dua opsi pilihan memori diantaranya RAM 3GB + 32GB ROM dan 4GB + 64GB ROM.

Namun untuk perbandingan harganya cukup timplang dari varian memori tertinggi dan terendah nya.

Untuk varian memori RAM 4GB + 64GB ROM dibanderol dengan harga Rp 2.499.000 sedangkan untuk varian terendah RAM 3GB + 32GB ROM dijual dengan harga Rp 1.999.000.

Baca juga : Jangan Salah, Tablet Realme Pad Mini Juga Bisa Diajak Main Game

Redmi Pad

Nominasi best tablet

Nominasi perangkat best tablet yang ketiga itu ada dari anak perusahan dari brand Xiaomi.

Redmi Pad hadir juga bisa dibilang baru, yakni tepatnya pada pertengahan bulan November kemarin.

Tablet yang satu ini sudah mengusung procesor yang masih baru juga yaitu MediaTek Helio G99.

Yang mana processor tersebut sudah sangat mumpuni untuk perangkat di kelas entry level.

Tidak ketinggalan dari processor tersebut mempunyai fabrikasi 6nm dan kecepatan hingga 2.2GHz yang membuat performa nya gesit serta awet baterai.

Menyinggung soal baterai, tablet Redmi Pad ini sudah di dukung dengan kapasitas baterai yang sangat amat besar yaitu berkapasitas 8.000mAh.

Bukan hanya itu saja, tablet ini juga sudah didukung dengan teknologi fast charging 18W, menjadikan perangkat ini bisa dikatakan sudah pasti awet bila dipakai seharian dan juga untuk pengisian baterai pada saat habis juga cepat penuh karena adanya teknologi fast charging tersebut.

Pada bagian memorinya juga bisa dikatakan telah disematkan type memori terbaik dikelasnya yaitu LPDDR4X + UFS 2.2 dan terbesar dikelasnya melalui 6GB.

Yang menambah tablet ini semakin unggul jauh ialah dari segi kualitas layarnya yang sudah bisa memutar video beresolusi 2K ditambah dengan adanya speaker terdepan dari Dolby atmos.

Tidak ketinggalan, agar memanjakan dan menjaga kualitas mata dari para penggunanya, Redmi Pad sudah mempunyai built-in blue light reduction serta juga adanya sertifikasi low light dari TUV Rheinland.

Belum berhenti sampai disitu, Redmi Pad ini juga diklaim merupakan pertama didunia yang mendapatkan sertifikasi SGS Low Visual Fatigue, yang makin di jamin untuk pengguna dalam menjaga kenyamanan mata pada saat digunakan.

Untuk harga dari tablet milik Redmi ini tersedia hanya ada di satu varian memori yaitu RAM 6GB+2GB / 128GB ROM dijual dengan harga Rp 3.499.000.

Baca juga : Ramaikan Pasar Tablet, Xiaomi Tidak Mau Ketinggalan Hadirkan Redmi Pad

Nokia T21

Nominasi best tablet

Nominasi best tablet terakhir ada dari brand lawas yang kini mulai jadi pesaing kuat juga bagi para brand-brand lain.

Nokia kini hadir bukan hanya hadirkan handphone, namun juga sekarang mulai hadirkan Smartphone Android serta juga mulai main dengan memproduksi tablet.

Tablet yang diperkenalkan ini lebih baru dari yang lain yaitu pada akhir bulan November kemarin bersamaan dengan produk smartphone nya.

Tablet terbaru dari Nokia ini bisa menjadi ancaman para produsen tablet lain karena di tablet Nokia T21 ini mempunyai kualitas yang tidak kalah canggih dengan yang lain.

Dari segi layarnya berukuran 10,36 inch serta mempunyai Kualitas layar 2K. Bukan hanya itu tablet ini juga mempunyai tingkat kecerahan hingga 360 nits.

Menariknya lagi tablet ini juga telah mempunyai sertifikasi SGS Low Blue Light yang dapat memanjakan mata, tidak membuat sakit, karena adanya perlindungan ini.

Dan yang lebih menarik nya lagi, kapasitas baterai nya pada tablet ini lebih besar dari Redmi Pad yakni mempunyai kapasitas baterai sebesar 8.200mAh dan juga sudah didukung teknologi fast charging 18W.

Bukan hanya itu, Nokia membekali tabletnya ini dengan sertifikasi IP52, jadi anda tidak usah takut apabila terkena percikan air ataupun debu, karena sudah dilindungi dengan adanya sertifikasi ini.

Namun ada yang dirasa kurang dari tablet ini ialah pada pembekalan processornya, yaitu masih menggunakan processor Unisoc Tiger T612.

Nokia telah membekali tabletnya ini dengan satu varian yaitu RAM 4GB ditambah dengan 64GB untuk ROM, dari varian memori tersebut Nokia T21 dijual pada harga Rp 3.299.000.

Baca juga : Tak Mau Kalah, Nokia Juga Hadirkan Tablet Terbaru

Dan untuk pemenang dari keempat nominasi yang masuk kedalam kategori Best Tablet di Selular Editor’s Choice 2022, pemenangnya adalah

Pemenang Selular Editor’s Choice 2022 : Best Tablet

best tablet

Redmi Pad

“Tepat rasanya Redmi Pad menjadi Best Tablet, karena dirasa unggul dari semua sisi, meskipun keempat nominasi tablet punya keunggulan yang hampir mirip, tapi Redmi Pad sudah mengusung pembekalan chipset yang andal untuk perangkat entry level ketimbang tablet yang lain.”