Resesi Global Mengancam, Penyedia Layanan Digital Harus Saling Bersinergi

Resesi global

Selular.ID – Ancaman resesi global pada 2023 mendatang, membuat sejumlah perusahaan di berbagai bidang, terutama yang bergerak di bidang digital tengah mengantisipasi hal tersebut. Mulai dari penyedia layanan OTT (Over-the-Top), provider, penyedia jaringan, fintech, cloud, marketplace dan lainnya menyiapkan beragam strategi jitu untuk menyambut resesi global.

Pada dasarnya semua perusahaan yang bergerak di bidang digital saling berkesinambungan satu sama lain. Misalnya, perusahaan OTT membutuhkan peran serta dari perusahaan telekomunikasi (provider) untuk menyuguhkan layanan streaming video kepada masyarakat Indonesia. Bahkan, sebagian provider telah melakukan bundling untuk layanan streaming video.

Di tengah ketatnya persaingan layanan streaming video dan film (OTT), sebagai pendatang baru, Lionsgate Play Indonesia sudah menyiapkan berbagai amunisi.

Guntur Siboro selaku Country Head Lionsgate Play Indonesia dalam diskusi Digital Telco Outlook 2023 yang digelar Selular ID di Jakarta menyatakan siap bersaing Lionstage Play siap bersaing dengan OTT lainnya, seperti Netflix, Disney Plus dan banyak lagi.

“Lionsgate Play Indonesia belum bisa disebut OTT, karena kami baru menginjakkan kaki di Indonesia pada tahun 2021. Untuk berkompetisi di industri OTT, dibutuhkan kerjasama dari layanan provider, TV kabel, dan penyedia layanan digital lainnya. Sejauh ini, Lionsgate Play Indonesia telah bekerjasama dengan Telkomsel, IndiHome dan lainnya,” ujar Guntur.

Hal senada juga disampaikan oleh VP Marketing Management Telkom Indonesia, E. Kurniawan di kesempatan yang sama.

“IndiHome memberikan banyak varian paket sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan koneksi cepat dan harga terjangkau, mulai dari Rp 200 ribuan. Paket yang ditawarkan sangat beragam dengan banyak benefit menarik di dalamnya seperti konten film dan serial menarik dari Lionsgate Play, Disney+ Hotstar, Netflix dan banyak lagi,” jelas Iwan.

Namun dari kemitraan tersebut, dirasakan Guntur belum menjangkau berbagai kalangan, termasuk kalangan bawah. Tak berhenti sampai disitu, Lionsgate Play Indonesia melanjutkan kemitraan dengan Migo yang merupakan distributor konten digital pada bulan Juli lalu. Solusi tersebut dihadirkan oleh Migo, melalui cloud lokal (Migo Download Station/MDS) yang tersedia di lokasi ritel.

“Untuk menjangkau pengguna yang lebih luas, kami harus nebeng dengan layanan lain. Apalagi sekarang sebagian masyarakat Indonesia tidak mau menginstal banyak aplikasi. Layanan OTT yang ada di ponsel Sebagian besar masyarakat, hanya Netflix dan Disney+Hotstar,” tegas Guntur.

Baca Juga: Kunci Hadapi Resesi Ekonomi Global di Tahun 2023 dari Pemimpin Industri Telco