Top 10 Vendor SSD Dunia 2021

Selular.ID – Perlahan tetapi pasti, banyak laptop mengadopsi SSD.

Teknologi Solid State Drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan generasi baru yang digunakan di komputer.

SSD menggantikan Hard Disk Drives (HDD) yang masih mekanisme tradisional, dengan menggunakan memori berbasis flash, yang secara signifikan lebih cepat.

HDD adalah penyimpanan utama untuk komputer (baik desktop maupun laptop) yang telah ada sejak lama.

Daya tarik utamanya adalah kapasitas penyimpanan yang tinggi dan biaya rendah.

Teknologi penyimpanan hard disk yang lebih lama berjalan lebih lambat, yang sering kali membuat komputer berjalan lebih lambat dari yang seharusnya.

SSD mempercepat komputer secara signifikan karena waktu akses baca yang rendah dan throughput yang cepat.

Lalu siapakah produsen SSD yang mendominasi pasar saat ini?

Lembaga riset TrendForce mengeluarkan laporan terbarunya di pasar penyimpanan memori SSD danmenobatkan Kingston sebagai pemasok SSD nomor satu pada tahun 2021.

Menurut TrendForce, Kingston menyumbang 26 persen dari total SSD sebanyak 127 juta unit yang telah dikirimkan pada tahun 2021.

Menurut TrendForce, penguasa pasar SSD selama tahun 2021 berturut-turut adalah Kingston (26%), ADATA (8%), Kimtigo (7%), Lexar (6%), Netac (6%), Transcend (5%), Powev (4%), Colorful (4%), Gigabyte (3%), dan Teclast (3%).

Top 10 Vendor SSD Dunia 2021
Top 10 Vendor SSD Dunia 2021 oleh TrendForce

Pengiriman melalui kanal distribusi global tumbuh sebanyak 11%, meski pandemi terus mempengaruhi pasokan komponen yang berkaitan dengan SSD di 2021.

Ketika permintaan produksi meningkat, volume pengiriman terdampak oleh terbatasnya pasokan wafer untuk memenuhi pesanan tepat waktu.

Menanggapi hal tersebut, Kingston mengadopsi strategi pemasokan yang fleksibel untuk mendapatkan komponen.

Hal ini membawa Kingston terus berjalan didepan perusahaan lainnya, terlebih mengingat kondisi pandemi global dan kelangkaan chip di pasaran.

Hasil tersebut memperkuat posisi Kingston sebagai pemimpin dalam produksi SSD, mengingat peringkat kedua hanya menyumbang 8 persen dari total channel market.

Sebagai kategori, pemasok pihak ketiga (non-semikonduktor) produsen SSD menyumbang 58% dari total pengiriman pada tahun 2021.

Baca Juga: Kingston Luncurkan Pusat Data NVMe SSD untuk Perusahaan

Meningkatnya permintaan untuk SSD game dengan PCIe 4.0 NVMe terus menentukan lanskap pasar yang mendorong produsen modul untuk beralih dari SATA ke PCIe.

Trendforce memprediksi dengan menyajikan peningkatan ini akan memperkuat posisi brand dan terus mendorong pengiriman.

Pada 2021, Kingston menambahkan dua SSD PCIe 4.0 NVMe M.2 ke dalam portofolionya dengan kehadiran KC3000 dan Kingston FURY Renegade SSD.

Drive berperforma tinggi di lini SSD Kingston untuk menjawab kebutuhan pengguna yang menuntut kecepatan dan keandalan dalam permainan intensif maupun beban kerja aplikasi di desktop dan PC laptop.

Menurut Trendforce, harga dan kemampuan untuk menyediakan produksi global yang komprehensif dan pelayanan penjualan akan menjadi faktor penting dalam melanjutkan peningkatan pengiriman PCIe SSD di masa mendatang.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa SSD Pada Laptop Menjadi Wajib Dimiliki

Menanggapi laporan TrendForce, melalui keterangan resmi, Kingston menyatakan, “Sebuah kehormatan untuk meraih peringkat teratas ini saat Kingston merayakan ulang tahun ke 35 tahun.”

Sejak awal, fokus perusahaan dan dasar kekuatan penjualan telah bersama pelanggan dan mitra di seluruh dunia.

“Bersama, hubungan sukses ini telah membantu bisnis SSD kami tumbuh pesat dan pendekatan yang sama pada divisi DRAM telah mengantar perusahaan untuk menjadi penyedia modul memori pihak ketiga terbesar untuk 19 tahun berturut-turut,” tutupnya.