Inilah Alasan Mengapa SSD Pada Laptop Menjadi Wajib Dimiliki

Selular.ID – Inilah hal yang sangat penting di zaman sekarang ini mengenai penggunaan SSD pada perangkat laptop ketimbang menggunakan Hardisk.

Di era seperti saat ini penggunaan perangkat laptop pastinya sudah banyak bervariasi, dan salah satunya dilihat dari performa laptop yang kencang.

Karena saat ini menggunakan laptop bukan hanya sekedar untuk kebutuhan office saja. Dengan laptop bisa saja digunakan untuk keperluan lain seperti kebutuhan streaming, browsing, editing, hingga gaming.

Meskipun untuk mendapatkan perangkat laptop dengan performa yang kencang itu tidaklah murah namun ada salah satu hal yang bisa jadi fokus utama, Yaitu dari segi ruang penyimpanan.

Ruang penyimpanan yang baik bisa menjadi penunjang aktivitas harian pengguna, misal saja meskipun anda hanya membutuhkan untuk digunakan dalam bekerja, mengetik tugas, meeting online, dan lain-lain.

Dan itu semua lama-kelamaan data akan menumpuk dan banyak, membuatnya performa menjadi lemot.

Baca juga : Pakai SSD Biar Laptop Ga Lemot, Ini Rekomendasi Terbaiknya

Tetapi itu semua bisa diatasi dengan penggunaan ruang penyimpanan dengan type SSD. Untuk ruang penyimpanan pada laptop saat ini SSD merupakan hal yang wajib untuk menjaga performa laptop dalam kurun waktu penggunaan beberapa tahun kedepan.

Seperti contoh kasus yang dialami oleh Ahmad Syaatir seorang mahasiswa di Jakarta Selatan. Ia saat kuliah menggunakan perangkat laptop Toshiba L645.

Diketahui untuk model laptop tersebut memang sudah sangat lama dan masih menggunakan ruang penyimpanan dalam bentuk Hardisk.

Sampainya ia di tahun terakhir kuliah untuk mengerjakan skripsi, laptopnya tersebut performanya sudah sangat lambat.

Lalu Ahmad mengganti ruang penyimpanan Hardisknya tersebut dengan menggunakan type SSD. Dan setelah ia mengganti ke SSD laptop lamanya dalam mendukung kegiatan kuliah tersebut menjadi kencang.

Dalam hal ini SSD adalah barang yang wajib pada perangkat laptop. Meskipun pada perangkat laptop dengan kondisi baru misal saja laptop dengan ruang penyimpanan HDD 1TB itu lebih murah ketimbang dengan laptop dengan ruang penyimpanan 512GB SSD.

Namun jika ingin anda menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, meskipun harganya agak naik sedikit lebih baik memilih laptop dengan ruang penyimpanan SSD, karena bisa dikatakan awet pemakaian juga.

Ada pembicaraan ISU juga menurut TrendForce bahwa chip NAND yang dipakai untuk komponen utama SSD ini akan mengalami penurunan harga hingga 13%.

Selain itu ada beberapa hal juga yang menjadi faktor SSD menjadi barang yang wajib. Selain dari segi kecepatan dalam membuka software, lalu sifatnya SSD ini memiliki daya tahan lebih baik.

Daya tahan disini bisa dikatakan jika laptop tidak sengaja terjatuh otomatis akan memberikan guncangan yang cukup besar.

Apabila masih menggunakan Hardisk, bisa dibilang piringan dalam Hardisk ini bisa rusak atau bisa disebut bad sector.

Berbeda dengan SSD yang sudah menggunakan chip dalam perancangannya. Terlihat dari secara fisik akan lebih awet ketimbang hardisk.

Lalu hal keunggulan lainnya dapat mengefisiensi daya. Perlu diketahui juga dalam penggunaan ruangg penyimpanan SSD hanya akan menggunakan daya sebesar 2-3 watt saja.

Berbeda dengan ruang penyimpanan harddisk menggunakan daya sampai 7 watt per 30 menit pemakaian.

Jadi itulah sedikit ulasan alasan mengapa laptop pada saat sekarang ini lebih baik menggunakan ruang penyimpanan dalam bentuk SSD ketimbang Harddisk.

Baca juga : Sony Bersama Western Digital Rilis SSD Khusus untuk PS5