Modernisasi Jaringan 5G di Indonesia, Balitower Gunakan Solusi Nokia

Balitower dan Nokia

Selular.ID – Penyedia menara telekomunikasi dan infrastruktur jaringan Balitower akan menggunakan solusi dan layanan transmisi seluler Nokia untuk memodernisasi jaringan Internet Protocol (IP) sebagai bagian dari proyek nasional selama tiga tahun.

Inisiatif ini akan memungkinkan Balitower untuk meningkatkan kapasitas dan keandalan jaringan untuk memperluas layanan 5G bagi pelanggan mereka.

Berdasarkan kontrak tersebut, Nokia akan memasok Balitower dengan router untuk jaringan nasional, termasuk 7210 Service Access System (SAS) dan 7250 Interconnect Router (IXR) dengan penerima Global Navigation Satellite System (GNSS) terintegrasi yang memungkinkan sinkronisasi yang sangat akurat.

Nokia juga akan menyediakan Network Services Platform (NSP), dilengkapi dengan layanan profesional dan konsultasi untuk desain dan penyebaran jaringan.

Baca Juga: Nokia Hadirkan 2 Smartphone Sekaligus Hanya Dijual 1Jutaan

Ukuran yang ringkas dari solusi transmisi seluler Nokia dengan fitur Extended Temperature Range (ETR) membuatnya ideal untuk instalasi kabinet luar ruangan seperti di lingkungan menara seluler sehingga dapat memberikan kinerja dan daya tahan maksimum.

7250 IXR mendukung pengembangan arsitektur Radio Access Network (RAN), termasuk dukungan untuk jaringan optik dengan protokol enhanced Common Public Radio Interface (eCPRI), yang meningkatkan efisiensi jaringan optik 5G.

Solusi transmisi seluler Nokia akan menyediakan platform bagi Balitower untuk mendukung layanan 5G sambil memastikan total biaya kepemilikan yang lebih rendah untuk penyedia.

Jap Owen Ronadhi, Presiden Direktur Balitower, mengatakan, “Proyek ini merupakan langkah sangat penting yang sesuai dengan tujuan kami. Kami sudah menggunakan solusi Nokia dan yakin bahwa solusi Nokia sebagai yang terdepan di industri dan keahlian yang telah terbukti akan membantu kami meningkatkan kapasitas jaringan serta mempersiapkan jaringan untuk penggunaan 5G.”

KP Goh, Presiden Direktur Nokia Indonesia, mengatakan, “Kami senang dapat dapat terus melanjutkan kerja sama dengan Balitower dan mendukung proyek memodernisasi jaringan nasional yang sangat penting ini untuk meningkatkan kapasitas dan pengalaman bagi para pengguna.

“Teknologi 7250 IXR dan 7210 SAS kami dirancang untuk memberikan kinerja jaringan yang luar biasa dan akan memungkinkan Balitower untuk memenuhi permintaan lalu lintas dan layanan yang terus meningkat,” tutup Goh.

Baca Juga: IOH Catat Lonjakan Trafik 5G Tertinggi 123% di KTT G20