Apakah ASUS Zenfone 9 Cocok Lanjutkan Estafet Dari Generasi Sebelumnya?

ASUS Zenfone 9

Selular.ID – ASUS setahun sekali memperkenalkan produk smartphonenya, dan kali ini kembali hadir sebagai suksesor dari pendahulunya yakni Zenfone 8, Zenfone 9 Hadir dengan membawa banyak peningkatan.

Pastinya sebagai penerus dari produk yang sebelumnya sudah ada tidak ada yang mau stagnan diam ditempat.

Seperti perusahaan asal Tiongkok ini, ASUS menghadirkan smartphone flagship andalannya yakni seri Zenfone yang dikeluarkan setahun sekali.

Dan kemarin tepat di hari Kamis 17 November 2022, ASUS merilis smartphone Zenfone 9 ke pasar Indonesia untuk bersaing dengan brand smartphone lainnya di kelas yang sama.

Sebagai penerus dari Zenfone 8, Zenfone 9 malah terus mewarisi tradisi yakni dari segi desain yang compact, hanya berukuran 5,9 inch. Dengan desain yang kecil memang enak sekali digenggam.

Baca Juga : Review ASUS Zenfone 9 Si Smartphone Kecil-kecil Cabe Rawit

Namun dari desain mungil tersebut, banyak sekali peningkatan-peningkatan yang diberikan ASUS terhadap Zenfone 9 ini jika dibandingkan sebelumnya.

Dirasa mengulang kesuksesan dari Zenfone 8 terdahulu, di Zenfone 9 memiliki ukuran SoC lebih besar 10% pada generasi sebelumnya.

Pada bagian processornya, Zenfone 9 menggunakan processor yang sangat gahar yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 berbeda dengan Zenfone 8 menggunakan Snapdragon 888.

Ini yang menjadikannya Zenfone 9 15% lebih cepat, 50% performa graphic lebih cepat, dan 30% lebih hemat konsumsi power dari Zenfone 8.

Selanjutnya, yang terlihat paling menonjol dan menjadi kekuatan utamanya pada smartphone ini yakni pada bagian kameranya, Zenfone 9 memiliki camera 40% lebih besar dari sebelumnya.

Dan untuk penunjang pemakaian dalam waktu intens, smartphone ini hadir dengan peningkatan kapasitas baterai 7,5% lebih besar.

Selain itu juga di Zenfone 9 juga memperbesar ukuran materi pendingin thermal material sebesar 230% untuk pembuangan panas yang menjadikan perangkat ini agak lebih adem.

Karenanya pada generasi sebelumnya di Zenfone 8 menggunakan sistem pendinginan Hite Pipe dan teruntuk di smartphone terbaru Zenfone 9 sudah menggunakan sistem pendinginan Vapor Chamber.

Dan yang mencolok terlihat yakni dari segi desain varian warna yang diberikan. Zenfone 9 mempunyai 4 varian warna yang kece, diantaranya Sunset Red, Starry Blue, Midnight Black, dan Moonlight White.

Yang mana berbeda dengan generasi sebelumnya Zenfone 8 yang mempunyai varian warna hanya dua Obsidian Black dan Horizon Silver.

Dari segi harganya juga berbeda, dahulu Zenfone 8 membuka harga di Rp 8.088.000 sedangkan untuk Zenfone 9 dijual mulai dengan harga Rp 7.999.000

Baca juga : COMPACT BANGET! Unboxing ASUS Zenfone 9 Indonesia!