Sabtu, 18 Mei 2024
Selular.ID -

Dampak UMKM dengan Penetrasi Ekonomi Digital Di Indonesia

BACA JUGA

Selular.ID – Bagaimana akselerasi dalam mempengaruhi bisnis dan perkembangan UMKM terhadap ekonomi digital di Indonesia.

Teknologi sudah mengubah perilaku masyarakat, yang dimana instan dan mudah hanya dilakukan dengan smartphone melalui platform atau aplikasi digital.

Invenstree merupakan sebuah platform atau sebuah marketplace yang mempertemukan UMKM yang membutuhkan pembiayaan dengan individu atau institusi yang akan berinvestasi.

Baca juga: Indosat Digital Ecosystem IDE Meluncur, Ajang Transformasi Digital UMKM

Perubahan terhadap bisnis yakni, bahwa Investree datang ke Indonesia sudah 7 tahun dan menjadi solusi untuk memberikan pembiayaan pada UMKM.

UMKM yang memiliki penjualan pertahun kurang lebih di 300 juta sampai 3,5miliar terlalu besar untuk segmen mikro, tetapi terlalu kecil untuk korporat banking.

Permasalahan untuk UMKM terdapat pada usaha yang belum cukup lama, dan dipastikan belum bisa mendapatkan pendanaan dari perbankan, dan hal lainnya yakni laporan keuangan belum positif.

Baca juga: Investree Catat Kenaikan Investor Perempuan Sebesar 55%

Menurut Bapak Ariyo Putro selaku Chief of Human Capital Investree mengatakan “Disitulah kami hadir investri untuk memberikan solusi kepada teman-teman UMKM yang membutuhkan pendirian”

Investree hadir dengan support program pemerintah dan memulihkan juga perekonomian di Indonesia serta memberikan solusi kepada UMKM.

Banyaknya yang meminjam kepada investree yakni 13.000 UMKM, dengan jumlah kurang lebih 50.000 lender yang ada di Indonesia, dengan tingkat pengembalian yang masih cukup relatif sehat.

Baca juga: Indonesia Masih Kekurangan 9 Juta Digital Talent Ekonomi

Dampak UMKM terhadap bisnis di Indonesia yakni, UMKM yang dibiayai saat ini, kurang lebih 58 persen mengalami peningkatan pendapatan. Dan 44 persen diantaranya menambah jumlah tenaga kerja atau SDM, saat ini para UMKM sudah dipercaya oleh perbankan.

Keterkaitan ekonomi digital untuk perkembanganya terhadap bisnis saat ini investri berfokus dibidang pembiayaan UMKM. Peran investri cukup besar terhadap UMKM, seperti membuka lapangan pekerjaan dan tenaga kerja di Indonesia menyerap kurang lebih menyerap 80 persen.

Baca juga: Cerita VP Marketing Management Telkom, IndiHome Kena Imbas Saat Whatsapp Down

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU