Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q2-2022, Oppo Berjaya di Pasar yang Menurun

Hands On Oppo A96
Ilustrasi nonton youtube

Selular.ID – Pasar smartphone Indonesia mengalami penurunan pada 2Q22 sebesar 10% YoY, menurut lembaga riset International Data Corporation’s (IDC).

Namun secara tiga-bulanan, pasar mengalami pertumbuhan Quarter-on-Quarter (QoQ) sebesar 6,9% menjadi 9,5 juta unit, menurut IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Pada postingan di blog IDC, Associate Market Analyst, IDC Indonesia Vanessa Aurelia mengatakan, kenaikan harga barang memaksa masyarakat memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan primer.

“Pada 2Q22, pemerintah melonggarkan aturan PPKM dan mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir, Seiring dengan meningkatnya biaya perjalananan, masyarakat menghabiskan lebih sedikit uang untuk belanja barang elektronik/gawai dibandingkan tahun lalu,” tutur Vanessa.

Baca Juga: Redmi Note 11 Duduki Posisi Buncit Top 10 Smartphone Terlaris April 2022

Selain itu, Vanessa menambahkan, belanja konsumen bergeser ke area lain seperti makanan dan transportasi, seiring dengan aktivitas yang kembali normal.

“Kenaikan harga barang juga menambah tekanan pada pendapatan yang dapat dibelanjakan, memaksa masyarakat memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan primer”, ujar Vanessa.

Pasar Smartphone Indonesia, 5 Perusahaan Teratas dalam Pengiriman (Shipments), Pangsa Pasar (Market Share), dan Pertumbuhan YoY, 2Q22 (Pengiriman dalam Jutaan)

Top 5 Vendor Smartphone Indonesia, Oppo Berjaya di Pasar yang Menurun

Top 5 vendor smartphone di Indonesia pada periode April-Juni 2022 menurut IDC adalah Oppo (20,6%), Samsung (20,2%), Vivo (17,8%), Xiaomi (15,6%) dan Realme (12,1%).

Baca Juga: Top 5 Indonesia Q1-2022, IDC Sebut Pasar Smartphone Anjlok

5 Perusahaan Smartphone Teratas (2Q22)

OPPO naik kembali ke posisi pertama di 2Q22. OPPO terus memperluas portfolio kelas menengahnya (US$ 200-US$ 400), segmen ini mencakup 46,9% dari total pengiriman OPPO pada 2Q22, dibandingkan dengan 18,1% pada 2Q21.

Samsung turun menempati posisi kedua di 2Q22. Samsung meningkatkan pengiriman produk segmen menengahnya dengan merilis berbagai model A dan M baru, karena kontribusi segmen tersebut terhadap pengiriman keseluruhan Samsung meningkat dua kali lipat dari kuartal sebelumnya menjadi 23,2%.

Vivo mempertahankan posisi ketiga pada 2Q22 dengan pijakan yang kuat di segmen <US$ 200, didukung oleh performa yang baik dari model Y15s dan Y21.

Baca Juga: Top 5 Vendor Smartphone Global Q1-2022, Samsung Digdaya

Xiaomi, di posisi keempat, berhasil mempertahankan posisi kuat pada segmen <US$ 200 dengan Redmi 10A dan 10C yang baru dirilis.

Realme bertahan di posisi kelima pada 2Q22. Model-model baru seperti C35 dan C31, serta model-model C lama, memberi dukungan kuat untuk segmen <US$ 200.