Senin, 15 Juli 2024
Selular.ID -

Joy Wahyudi: Erajaya Akan Bawa ZTE Menjadi Pemain yang Disegani di Indonesia

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – ZTE membuktikan janji untuk kembali ke Indonesia. Vendor yang berbasis di Shenzhen itu, telah meluncurkan tiga varian terbaru, Selasa (20/9/2022). Ketiganya masing-masing Blade V40 Vita, Blade A72, dan Blade A52.

Terbilang ramah di kantong, ketiga smartphone itu hanya dibandrol mulai dari Rp 1,7 jutaan – Rp 2 jutaan. Harga yang terjangkau itu, menunjukkan pada tahap awal, ZTE memilih fokus pada segmen entry level, setelah vakum di pasar domestik sejak 2017.

Come back-nya ZTE ke Indonesia, tentunya merupakan angin segar, karena konsumen dapat memperoleh varian produk berbeda dibanding yang ada saat ini.

Meski demikian, ZTE menghadapi tantangan yang tak ringan. Pasalnya, vendor yang juga merupakan pemain utama di bisnis jaringan telekomunikasi itu, bakal menghadapi persaingan ketat dengan brand-brand lain, terutama yang sudah memiliki brand image yang kuat.

Apalagi segmen entry level terbilang paling ketat, karena ini adalah pasar terbesar. Nyaris semua vendor menggarap segmen entry level yang memiliki rentang harga Rp 1,5 – 2,5 jutaan, sebagai upaya memperkuat market share.

Meski menghadapi persaingan yang super ketat, ZTE meyakini dapat merebut hati konsumen Indonesia. Pasalnya menurut Mei Zhonghua, Senior Vice President ZTE Asia & CIS, sebagai perusahaan teknologi yang dibangun sejak 1985 silam, ZYE memiliki tiga modal utama.

“Ketiganya adalah inovasi teknologi, kemitraan yang kuat dengan Erajaya Group sebagai mitra penjualan, serta investasi jangka panjang yang menjadi misi perusahaan”,  ujar Mei.

Baca Juga: Kejar Target 2021, Serentak Erajaya Buka 38 Outlet di Indonesia

Kemitraan dengan Erajaya memang menjadi salah satu pilar penting kehadiran kembali ZTE di Indonesia. Joy Wahyudi CEO Erajaya Digital mengucapkan selamat datang kembali bagi ZTE yang telah lama baru hadir kembali di Indonesia. Ia mengaku sangat bangga menjadi bagian atas kerja sama dan kolaborasi untuk produk ZTE yang baru ini.

Richard Liang Weiqi, President Director of PT ZTE Indonesia, Joy Wahjudi, CEO of Erajaya Digital, Mei Zhonghua, Senior Vice President Asia & CIS, ZTE Corporation, dan Liu Wenlong, ZTE Overseas Terminal Account Manager
Richard Liang Weiqi, President Director of PT ZTE Indonesia, Joy Wahjudi, CEO of Erajaya Digital, Mei Zhonghua, Senior Vice President Asia & CIS, ZTE Corporation, dan Liu Wenlong, ZTE Overseas Terminal Account Manager

Welcome to Indonesia, after long time, sudah waktunya merk ini kembali di Indonesia, Erajaya sangat bangga melakukan bekerja sama dan kolaborasi.” Kata Joy.

“Perjanjian ini memang sudah terjalin dimulai sejak Juli kemarin. Dan tepat di hari ini merupakan sebuah realisasi ZTE untuk memperkenalkan produknya launching di hari ini.” Tambah Joy.

“Launching hari ini merupakan suatu awal, komitmen Erajaya menghadirkan berbagai produk, membuka bagi jalan konsumen mendapatkan pilihan yang lebih banyak lagi. Penawaran yang kami keluarkan bersama ZTE diharapkan mendapatkan tempat yg terbaik bagi pelanggan” papar Joy.

Baca Juga: Joy Wahjudi, Mengundurkan Diri Sebagai Direktur Komersial XL

Joy yang pernah menjadi Direktur Utama Indosat Ooredoo, optimis ZTE bakal bisa menembus pasar Indonesia meski menghadapi persaingan super ketat.

Pasalnya, brand ZTE dikenal memiliki kualitas yang handal dan harga yang kompetitif. Apalagi, ZTE tidak sepenuhnya meninggalkan Indonesia.

Perusahaan masih berbisnis jaringan telekomunikasi, dengan berbagai perangkat seperti modem WiFi yang banyak digunakan penyedia jaringan fixed broadband, imbuh Joy.

“Dengan persepsi yang bagus, ZTE memiliki modal kuat untuk bersaing dengan brand-brand lainnya. Kemitraan dengan Erajaya, akan membawa produk-produk smartphone ZTE lebih luas ke pasar, lebih disegani, sehingga masyarakat bisa mendapatkan kesempatan memiliki smartphone pilihan”, pungkas Joy.

Baca Juga: Joy Wahyudi: Perlu Waktu Ubah Kebiasaan Masyarakat Gonta Ganti Kartu

Kini harapan ZTE untuk tumbuh dan berkembang di Indonesia, salah satunya berada di pundak Erajaya, yang saat ini merupakan distributor ponsel terbesar di Indonesia.

Bagi Joy sendiri, membesarkan ZTE menjadi bagian dari tantangan selanjutnya. Pria yang terkenal ramah ini, sudah malang melintang di industri telekomunikasi nasional sejak beberapa dekade lalu.

Sebelum bergabung dengan Erajaya, ia adalah direktur utama Indosat Ooredoo. Namun pada 25 September 2018, Joy menyatakan mengundurkan diri dari anak perusahaan Qatar Telecom itu.

Selain Indosat Ooredoo, Joy juga dikenal dengan kepemimpinan yang kuat saat membesarkan XL Axiata. Bersama dengan Hasnul Suhaimi, Dirut XL Axiata (saat itu), Joy sukses membesarkan XL menjadi operator yang disegani di Indonesia.

Baca Juga: Curhat Joy Wahyudi Sebelum Mundur Dari Kursi Dirut Indosat Ooredoo

Pada 20 Januari 2014, Joy mengundurkan diri dari XL Axiata. Mengakhiri karir karir profesional yang telah dijalaninya selama 17 tahun, termasuk 7 tahun sebagai Direktur/Chief Commercial Officer.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU