Penyebab Banyak Pengguna Android Beralih ke iPhone

Kebanyakan Pengguna Android Mulai Berpikir Beralih ke iPhone
Kebanyakan Pengguna Android Mulai Berpikir Beralih ke iPhone

Selular.id – Android tetap menjadi sistem operasi seluler paling populer di dunia, tetapi sejumlah rekor pengguna Android tampaknya beralih ke iPhone.

Tim Cook CEO Apple memberikan alasannya. Terlepas dari migrasi massal ke iOS, Android tetap menjadi sistem operasi seluler paling populer di dunia, dan dengan margin yang cukup besar.

Menurut StatCounter, OS seluler Google memiliki pangsa pasar 71,85 persen secara global pada Juli 2022, sementara iOS berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 27,5 persen.

KaiOS dan banyak sistem usang, seperti Windows Phone, Series 40, dan lainnya, melengkapi sisanya.

Sementara ketersediaan ponsel kelas menengah yang layak dengan harga terjangkau adalah salah satu alasan utama mengapa Android adalah OS seluler paling populer secara global.

Baca Juga:Apple iOS 16 Beta Terbaru Kenalkan Log Riwayat untuk Pesan yang Diedit

Berbagai opsi penyesuaian dan jumlah kebebasan yang relatif dibandingkan dengan iOS juga berkontribusi besar terhadap popularitas Android. Namun, situasinya sangat berbeda di AS di mana iPhone mendominasi.

Menurut StatCounter , iOS menyumbang 55,26 persen dari pasar OS seluler di negara ini. sementara Android hanya memiliki 44,43 persen pangsa pasar pada Juli 2022.

Beberapa pasar di mana Apple melakukannya dengan sangat baik selama kuartal terakhir adalah Indonesia, Vietnam, dan India, di mana penetrasi iPhone secara tradisional cukup rendah.

Menurut Cook, dua alasan utama mengapa iPhone mendapatkan popularitas di seluruh dunia adalah tingginya tingkat kepuasan pelanggan pada produk Apple dan adopsi teknologi 5G secara global.

Melihat dalam waktu dekat, Cook terdengar berharap bahwa penetrasi 5G yang meningkat di tahun-tahun mendatang akan memberikan peluang yang lebih besar bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan pangsa pasar.

Berbagai survei selama bertahun-tahun juga menunjukkan bahwa pengguna iPhone lebih loyal daripada pengguna Android, yang berarti sebagian besar migrasi terbalik dari iOS ke Android dapat diabaikan.

Luca Maestri CFO Apple menunjuk pada survei konsumen 451 Research US yang menyatakan kepuasan konsumen dengan iPhone mencapai 98 persen.

Baca Juga:Bocoran Spesifikasi Chipset Buatan Apple A16 Untuk iPhone 14 Mendatang

Samsung dan vendor Android lainnya hanya dapat memimpikan angka kepuasan pelanggan seperti itu, jadi tidak mengherankan jika banyak pengguna beralih dari Android ke iPhone, meskipun harga stiker lebih tinggi dan taman bertembok terkenal dari ekosistem iOS.