Karena Postingan TikTok, Karyawan Apple Diancam Pemecatan

Apple Tiktok

Selular.ID – Apple dikabarkan malah mengancam akan memecat seorang karyawannya karena postingan TikTok nya.

Satu bulan menuju perilisan iPhone 14 malah mendapatkan kabar mengejutkan, dilaporkan Apple mengancam karyawannya karena telah memposting TikTok mengenai tips dan saran keamanan iPhone.

Karyawan tersebut diberi tahu bahwa dia telah melanggar kebijakan perusahaan dengan mengidentifikasi dirinya sebagai karyawan Apple dalam sebuah video tentang produk Apple.

Karyawan Apple tersebut bernama Paris Campbell, telah bekerja di ritel Apple selama enam tahun dan saat ini menjabat sebagai repair technician.

Baca juga : Apple Akan Samai Jumlah Produksi iPhone 14 Sama Seperti Tahun Lalu

Video TikTok yang diposting oleh Campbell muncul sebagai tanggapan atas video dari pengguna lain yang kehilangan iPhonenya di Coachella dan kemudian ia mulai menerima pesan teks yang mengancam dari perusahaan.

Dalam videonya, Campbell menjelaskan bahwa dia adalah seorang insinyur perangkat keras bersertifikat untuk perusahaan yang suka berbicara tentang Apple.” Dia kemudian menjelaskan bahwa wanita yang kehilangan ponselnya tidak perlu khawatir:

“Saya tidak dapat memberi tahu Anda dengan tepat bagaimana saya mengetahui informasi ini, tetapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa selama enam tahun terakhir, saya telah menjadi insinyur perangkat keras bersertifikat untuk perusahaan tertentu yang suka berbicara tentang Apple,”

kata Campbell menanggapi video, sebelum memperingatkan pengguna untuk tidak mendengarkan pemeras. “Ponsel Anda sebenarnya tidak berguna bagi mereka, dan Anda satu-satunya orang yang dapat menyelamatkannya, dan saya sarankan Anda tidak melakukannya.”

Video itu segera menjadi viral dan memiliki lebih dari 5 juta tampilan dalam waktu 24 jam setelah diposting.

Saat video menyebar di TikTok, Campbell menerima telepon dari manajernya yang memintanya untuk menghapus video tersebut atau menghadapi tindakan disipliner, hingga dan termasuk pemutusan hubungan kerja.

Baca juga : TikToker Ini Buktikan Bisa Lacak iPhone di Kondisi Mati

Setelah mendapatkan pesan tersebut Campbell kemudian memposting video lanjutan di TikTok yang menjelaskan lebih lanjut situasi berjudul “Apel yang Terhormat.”

Campbell mengatakan bahwa tanggapan Apple “berbeda dengan bagaimana kami menggambarkan diri kami sebagai perusahaan dalam hal memberitahu orang untuk berpikir berbeda, berinovasi, dan menghasilkan solusi kreatif.”

Dia menambahkan untuk menjelaskan pengetahuan yang dia bagikan dalam video tersebut bukan dari waktu dia sebagai karyawan Apple, melainkan pendidikan teknis dan sejarahnya yang Panjang yang ia miliki.

Apple tidak menanggapi, tetapi dokumen internal dari Apple menjelaskan: “Kami ingin Anda menjadi diri sendiri, tetapi Anda juga harus menghormati posting, tweet, dan komunikasi online lainnya.”