Luncurkan ROG Phone 6 Series, Segini Penjualan Asus Di Segmen Gaming Smartphone

Asus ROG Phone 6

Selular.ID – Asus telah meluncurkan handset gaming berspesifikasi tinggi generasi terbaru, ROG Phone 6 dan Pro, bersama dengan serangkaian aksesori yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna termasuk periferal pendingin dengan tombol kontrol fisik.

Dua varian ROG 6 Series itu memiliki spesifikasi fitur yang umumnya ditemukan pada smartphone tingkat tinggi tetapi dengan berbagai tambahan khusus game yang dirancang untuk menarik ceruk pasar ini.

Dari segi spesifikasi, kedua perangkat menjalankan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 octa-core dan memiliki baterai 6000mAh, layar Samsung 6,78 inci dengan kecepatan refresh tinggi, dan sistem tiga kamera di bagian belakang dengan unit utama 50MP. Keduanya dilengkapi kamera depan 12MP.

Versi Pro memiliki beberapa peningkatan teknis, memiliki memori yang lebih tinggi sebagai standar dan dilengkapi dengan tampilan fungsionalitas kecil dan terbatas di bagian belakang.

Bersamaan dengan handset, Asus juga meluncurkan berbagai aksesori yang diperbarui termasuk AeroActive Cooler 6.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Lengkap Asus ROG Phone 6

Periferal menempel di bagian belakang perangkat dan menyediakan kontrol suhu yang ditingkatkan untuk handset dan serangkaian tombol yang digunakan sebagai pengontrol game.

Asus mencatat aksesori yang ditambahkan ke sistem pendingin canggih yang dibangun ke dalam seri ROG Phone 6.

Asus mengklaim periferal dapat menurunkan suhu di bagian belakang perangkat hingga 25 derajat C, tetapi mengaturnya agar tidak menjadi terlalu dingin. Aksesori lainnya termasuk headset dan pengontrol game dijual terpisah dari perangkat.

Asus ROG Phone 6 Pro memiliki penyimpanan 512GB dengan harga mulai dari €1.299. Sedangkan versi standar berharga €999 untuk opsi penyimpanan 256GB dasar. Pesanan sudah dapat dibeli di beberapa pasar, meskipun Asus mencatat itu akan tersedia di seluruh dunia “segera”.

Sesuai perkiraan perusahaan, Asus berhasil menjual sekitar 500.000 unit smartphone pada 2020. Pada tahun lalu, perusahaan menargetkan menjual 800.000 hingga 1 juta unit dan tampaknya cukup dapat dicapai untuk merek yang berbasis di Taipe, Taiwan.

Sejak tiga tahun terakhir, Asus hanya hadir di segmen smartphone premium kelas atas dan tidak lagi menjual smartphone budget atau mid-range. Margin keuntungan yang tipis, menjadi alasan perusahaan meninggalkan kedua segmen itu.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Asus ROG Phone 6 dan Phone 6 Pro yang Rilis di Pasar Global

Sebagai brand Taiwan yang tersisa di pasar smartphone, Asus menghindari langsung berhadapan dengan vendor-vendor China yang kini menjadi penguasa segmen low end dan mid end.

Meskipun ada jajaran smartphone unggulan Zenfone, namun penawaran populer dari Asus tetap merupakan jajaran game ROG Phone. Tak tanggung-tanggung, harga yang dipatok berkisar Rp 9  – 20 juta.