Lockdown Mode Bakal Dibuat Apple untuk Lindungi Pengguna dari Spyware

iOS 16

Selular.ID – Fitur Lockdown Mode yang tersimpan pada iOS 16 kian santer diperbincangkan di jagat maya. Lockdown Mode disebut sebagai fitur tambahan yang bisa meningkatkan keamanan data pemilik ponsel.

Lockdown mode akan memblokir sebagian besar jenis attachment pesan (yang biasanya digunakan untuk penyebaran spyware licik), serta koneksi kabel ke komputer atau perangkat lain.

Apple mengatakan, fitur ini adalah perlindungan opsional bagi jurnalis, aktivis, dan pembela hak asasi manusia yang menjadi sasaran negara menggunakan spyware.

Menurut Ivan Krstić, kepala teknik dan arsitektur keamanan Apple.Lockdown mode adalah fitur inovatif yang mencerminkan komitmen teguh untuk melindungi pengguna dari serangan paling langka dan paling canggih.

Baca Juga:Apple Tegaskan Verifikasi Captcha Tak Akan Hadir di iOS 16

Fitur ini hadir sebagai solusi setelah beberapa tahun serangan spyware sukses menargetkan ribuan pengguna iPhone di seluruh dunia.

Memanfaatkan kerentanan di sistem keamanan perangkat, pembuat spyware seperti NSO Group, Candiru, dan Cytrox dapat menginjeksi spyware atas permintaan pelanggan pemerintah mereka.

Saat diaktifkan, mode baru ini akan menonaktifkan fungsi dan fitur tertentu dimana titik masuk untuk infeksi spyware di masa lalu.

Dalam beberapa kasus, berbagai jenis kode diblokir agar tidak berjalan di perangkat (Apple mencontohkan menggunakan kompilasi JavaScript just-in-time (JIT)).

Disebutkan, kecanggihan fitur ini disebut-sebut bisa menghindari pengintaian oleh NSO Group, perusahaan teknologi dari Israel yang membuat spyware canggih.

Sementara sebagian besar pengguna iPhone, iPad, dan Mac tidak akan pernah menjadi korban serangan siber yang sangat ditargetkan, kami akan bekerja tanpa lelah untuk melindungi minoritas.

Baca Juga:iOS 16 Tambahkan Dua Fitur Baru Keren ke Apple Music

iOS 16 sendiri dikabarkan akan diluncurkan secara global dalam waktu dekat atau musim gugur tahun ini. Fitur ini akan tersedia di iOS 16, iPadOS 16, dan macOS Ventura.

.