Dell’Oro: Penerapan 5G Mengandalkan Backhaul Nirkabel Ketimbang Serat

Ilustrasi 5G
Ilustrasi 5G

Selular.ID – Dell’Oro Group memperkirakan permintaan untuk peralatan transmisi gelombang mikro akan meningkat di tahun-tahun mendatang karena penerapan 5G yang lebih mengandalkan backhaul nirkabel daripada serat.

VP Jimmy Yu menyatakan lelang dan peluncuran spektrum 5G akan mendorong permintaan.

“Kita akan melihat lebih banyak penyebaran 5G di negara-negara di Amerika Latin, dan Timur Tengah dan Afrika, dan sebagian Asia, khususnya India,” kata Yu kepada Mobile World Live.

TONTON JUGA:

Yu menambahkan sebagian besar negara di wilayah tersebut secara tradisional menggunakan lebih banyak backhaul nirkabel daripada serat.

Dell’Oro memperkirakan pendapatan dari peralatan tersebut akan mencapai $18 miliar pada periode 2022 hingga 2026, dengan sekitar 70 persen didorong oleh backhaul seluler dan sisanya dari penjualan ke pasar vertikal termasuk perusahaan dan sektor pemerintah.

Baca juga: Terkuak Tanggal Rilis Smartphone Redmi 10 5G di Indonesia

Perusahaan riset terkemuka itu, menyebut E-Band sebagai spektrum dengan pertumbuhan paling tinggi selama periode perkiraan, dengan CAGR termasuk V-Band sebesar 25 persen.

Dell’Oro menyatakan permintaan untuk peralatan transmisi gelombang mikro point-to-point tumbuh 11 persen pada tahun 2021.

Selain penggunaan backhaul nirkabel yang lebih popular ketimbang serat, Dell’Oro Group juga memperkirakan pendapatan RAN sel kecil (small cells) akan melampaui $5 miliar pada 2022. Angka tersebut tumbuh 15 persen tahun-ke-tahun di Q1 meskipun operator mengintensifkan peluncuran jaringan makro 5G

VP Stefan Pongratz mengatakan kepada Mobile World Live sel kecil menyumbang sekitar 10 persen dari pasar RAN yang lebih luas dalam tiga bulan pembukaan dan memperkirakan pertumbuhan yang berkelanjutan di sisa 2022.

Pongratz mencatat ada kesenjangan yang menyusut antara penyebaran sel makro dan sel kecil, “terutama dengan 5G mid-band atas.”

Dia mengatakan 5G mendorong lebih dari setengah pasar sel kecil secara keseluruhan.

Pendapatan LTE sel kecil turun pada kuartal pertama sementara perusahaan menyatakan investasi 5G swasta “masih dapat diabaikan”.

Dell’Oro Group menempatkan Huawei, Ericsson, Nokia, ZTE dan Samsung sebagai pemasok teratas perangkat 5G pada kuartal pertama 2022.

Baca juga: Video: HOT BANGET! Xiaomi 12 Lite 5G VS POCO F4 VS realme GT Neo 3T